by

SD Negeri 1 Brecek Akan Punya Ruang Perpustakaan Baru

-Pendidikan-dibaca 108.37Rb kali | Dibagikan 48 Kali

DSCN0015

 

PURBALINGGA- Tahun 2016 ini, SD Negeri 1 Brecek akan mendapat ruang perpustakaan baru. Keberadaan ruang perpustakaan diharapkan menjadi bagian yang tak terpisahan bagi siswa untuk mendapat ilmu pengetahuan tambahan dari buka yang dibacanya lalu digabungkan dengan pengetahuan yang di terima guru dikelas.

Kepala SD Negeri 1 Brecek Kaligondang Purbalingga, Wiwik Ekawati, S.Pd menjelaskan, membaca substansinya tak pernah jauh dari kegiatan berpikir. Dengan membaca seseorang dapat memperoleh berbagai informasi yang dibutuhkan, terangsang kreatifitasnya, mendorong timbulnya keinginan untuk berpikir kritis dan sistematis, memperluas, dan memperkaya wawasan serta membentuk kepribadian yang unggul dan kompetitif.

“Perpustakaan sebagai bahan pengayaan bagi siswa keberadaannya penting dalam mendukung kurikulum sekolah,” ungkap Wiwik kepada elemen saat ditemui di Sekolahnya (20 April 2016).

Dengan demikian lanjut Wiwik, bahan perpustakaan yang menjadi koleksi perpustakaan sekolah dasar harus dapat menunjang proses belajar mengajar. Untuk menunjang proses tersebut di atas. Maka dalam pengadaan bahan perpustakaan sudah seharusnya mempertimbangkan kurikulum sekolah serta minat para pemakainya, khususnya para murid dan guru

“Jadi, guru bukan satu-satunya sumber referensi pengetahuan sebaliknya siswa bisa mencari sendiri di perpustakaan di unit sekolah,”ungkap Wiwik.

Bambang Harmono menambahkan, perpustakaan nantinya menyediakan bahan pustaka yang sesuai dengan kurikulum untuk membangkitkan minat baca para siswa, mengembangkan daya ekspresi, kecakapan berbahasa, serta menumbuhkan daya pikir yang rasional dan kritis.

“Harapannya, waktu belajar siswa tidak hanya dihabiskan di ruang sekolah namun juga sebagian siswa bisa memanfaatkan waktu belajarnya di perpustakaan,”ungkap Bambang.(ali mas’udi)

Comment

Berita Lainnya