by

Satu Santri Ponpes Modern Darussalam Gontor Kampus Dua di Ponorogo Positif Covid-19

-Pendidikan, Update-dibaca 2.12Rb kali | Dibagikan 13 Kali

Satu santri Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Darussalam Gontor Kampus II yang terletak di Desa Madusari, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo Jawa Timur terkonfirmasi positif Covid-19.

“Santri dari ponpes Gontor itu merupakan pasien No 56, laki-laki, berusia 17 tahun. Pasien tersebut tercatat sebagai santri di Ponpes Gontor 2 Siman. Pasien nomor 56 ini datang ke Ponpes tanggal 17 Juni 2020 lalu, saat itu tidak membawa surat keterangan hasil pemeriksaan rapid test,” tutur Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, Selasa (7 Juli 2020).

Ponpes Modern Darussalam Gontor Kampus II yang terletak di Desa Madusari, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo Jawa Timur

Ia memaparkan, santri itu berasal dari Kabupaten Sidoarjo. Santri itu tertular dari ayahnya yang lebih dulu  menjadi pasien pada tanggal 2 Juli. Pada tanggal itu juga, melalui Dinas Kesahatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur, didapatkan info bahwa bapak pasien nomor 56 yang berada di Sidoarjo dinyatakan positif COVID-19. Dengan adanya informasi  itu, Dinkes Kabupaten Ponorogo memeriksa swab PCR pada pasien nomor 56 dan Senin (6 Juli 2020)

“Hasilnya positif Saat ini dia sudah diisolasi di RS, sementara di pondoknya sedang dilakukan tracing terhadap kontak erat,” tuturnya.

Ia menambahkan, untuk semua kontak erat dengan santri tersebut, wajib diisolasi dari warga pondok yang lain. Nantinya akan dilakukan testing baik rapid test maupun swab PCR.

“Untuk sementara warga ponpes yang ada di dalam tidak diperkenankan keluar pondok, begitu juga tidak diperkenankan menerima tamu/kunjungan untuk keperluan apapun. Kecuali pemenuhan kebutuhan pokok dan pelayanan kesehatan,” tuturnya

Selain penambahan satu kasus dari lingkungan pesantren besar, satu kasus konfirmasi di Ponorogo juga didapat dari hasil tes usap anak umur 6 tahun yang ibunya (pasien 44) lebih dulu teridentifikasi Covid-19.

Di Kabupaten Ponorogo, hingga saat ini data kasus COVID-19 total ada 56 pasien terkonfirmasi positif. Dengan rincian 32 orang dinyatakan sembuh, 19 pasien diisolasi di RS, 2 pasien isolasi mandiri dan 3 orang meninggal dunia.

“Di Ponorogo ini ada tiga pasien konfirmasi positif Covid-19 yang meninggal,” katanya.

 

Comment

Berita Lainnya