by

Satlantas Polres Purbalingga Gelar Kegiatan Peduli Kesehatan Untuk Antisipasi Penyebaran COVID-19

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Purbalingga  terus menggelar bakti sosial. Kegiatan yang  digelar Senin pagi (23 Maret 2020) di Simpang Empat Usman Janatin Jalan Jenderal A Yani Purbalingga ini bertajuk “Satlantas Polres Purbalingga Peduli Kesehatan”

“Kegiatan ini bertujuan sebagai upaya preventive penyebaran COVID-19. Kami dari Satlantas Polres Purbalingga melakukan langkah proaktif untuk membantu mencegah penyebaran virus corona. Pagi ini kami membagikan masker, hand  sanitaizer, hand wash, suplemen multivitamin, brosur kesehatan dan juga maklumat Kapolri,” ungkap Kasat Lantas Polres Purbalingga AKP Indri Endrowati kepada cyber media lintas24.com dan tabloid elemen, Senin (23 Maret 2020).

Ia menjelaskan, kegiatan ini sejalan dengan maklumat Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) nomor Mak/2/III/2020 tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus Corona (COVID-19).

“Kapolri, Jenderal Idham Azis telah menginstruksikan untuk semua jajaran Polri agar melindungi masyarakat. Polri berpedoman pada asas keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi atau Salus Populi Suprema Lex Esto,” ungkapnya.

Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa (Kanit Dikyasa), IPTU Tedy Subiyarsono memberikan imbauan kepada para pengendara dalam kegiatan “Satlantas Polres Purbalingga Peduli Kesehatan” di Simpang Empat Usman Janatin Jalan Jenderal A Yani Purbalingga

Ia menjelaskan, keputusan Kapolri didasarkan karena cepatnya penyebaran virus Corona dan pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dalam rangka penanganan agar penyebaran tak meluas dan mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Kapolri  memerintahkan kegiatan sosial, budaya, keagamaan, aliran kepercayaan dalam bentuk seminar, lokakarya, sarasehan dan sejenisnya ditiadakan. Perintah ini juga termasuk untuk kegiatan konser musik, pekan raya, festival, bazaar, pasar malam, pameran dan resepsi keluarga,” ungkapnya.

Selanjutnya, diperintahkan untuk tidak mengadakan kegiatan olahraga, kesenian, jasa hiburan, unjuk rasa, pawai dan karnaval serta kegiatan lainnya yang menciptakan kerumunan massa.

“Kapolri Jenderal Idham Azis memerintahkan seluruh pihak tetap tenang, tidak panik dan meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing. Masyarakat juga diminta mengikuti informasi dan imbauan Pemerintah,” ungkapnya.

Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa (Kanit Dikyasa), IPTU Tedy Subiyarsono menambahkan, imbauan yang disampaikan Satlantas Polres Purbalingga diantaranya untuk menjaga kesehatan dengan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Hal ini sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona.

“Pagi ini, kami berikan penyuluhan kepada masyarakat pengguna jalan raya tentang bagaimana upaya mencegah penyebaran virus corona. Diharapkan dengan kegiatan ini, masyarakat mengetahui upaya-upaya untuk mencegah penyebaran serta dapat melaksanakan PHBS agar terhindar dari covid-19,” ungkapnya.

Kegiatan ini dipimpin oleh Kabag Ops Polres Purbalingga Kompol  Sigit. Kasat Lantas Polres Purbalingga AKP Indri Endrowati sebagai penanggung jawab. Diikuti para Kanit jajaran Satlantas dan anggota Satlantas Polres Purbalingga.

Comment

Feed Berita