Menu
Media Online Terpercaya

Sanggar Kartika Laras Tlahab Kidul Juara I Festival Dresanala

  • Share
Sanggar Kartika Laras Tlahab Kidul Juara I Festival Dresanala
Sanggar Kartika Laras Tlahab Kidul Juara I Festival Dresanala

Sanggar Kartika Laras Desa Tlahab Kidul besutan Ragil Tri Atmojo mementaskan lakon “Mimiti” berhasil menjuarai festival seni yang diadakan Sanggar Dresanala Purbalingga.

Pementasan yang melibatkan beberapa kelompok seni peran di Purbalingga tersebut diadakan dengan tajuk “Tutur Lisan”, di Gor Mahesa Jenar Purbalingga, Kamis (30 Desember 2021) malam

Sanggar Kartika Laras memainkan perpaduan dua kesenian yaitu musik tradisional (karawitan) dengan seni peran tradisional.

Dalam pementasan tersebut ada 4 orang pemeran diantaranya Akbar Tri Haryadi berperan sebagai  Sabit, Tegar Pamungkas sebagai sabut, Punang Ropika Ikhtiarwan sebagai Sabulata dan Sarno sebagai Kaki Kabul.

Sedang pengiring terdiri dari Ragil Tri Atmojo pada pengendang, Teguh Tri Harmoko pada saron, Dimin pada bonang dan Nurkholik pada gong.

“Persiapan hanya dua hari dan kami langsung mengumpulkan pemain peran dan penabuh gamelan,” kata Ragil usai pementasan

Ketua Dresanala, Sutomo mengatakan, pihaknya mempunyai tanggung jawab moril untuk terus menularkan ilmu kebudayaan kepada kelompok seni lain. Amanah dari bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyebutkan harus semakin banyak kelompok seni yang diberdayakan.

“Kami mendapat amanat  untuk menularkan kepada komunitas seni yang lain juga,” katanya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.