Sandi Wahyu Pratama Pelajar Kelas 12 Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 2 SMK Negeri 1 Bukateja – Sabar dan Ulet Itu Rahasianya

By: On: Dibaca: dibaca 59.85Rbx
Sandi Wahyu Pratama Pelajar Kelas 12 Jurusan Teknik Kendaraan Ringan  (TKR) 2 SMK Negeri 1 Bukateja – Sabar dan Ulet Itu Rahasianya

Penerapan kebijakan lima hari sekolah oleh Pemerintah dimanfaatkan oleh

Sandi Wahyu Pratama dengan bijak. Pelajar Kelas 12 Jurusan Teknik Kendaraan Ringan  (TKR) 2 SMK Negeri 1 Bukateja mengisi waktu libur di hari Sabtu dengan bekerja di bengkel service mobil. Hal itu Ia lakukan untuk mengisi waktu libur dan untuk mengasahkan keahlian di bidang otomotif.

“Hari Jumat saya pulang lebih awal dan hari sabtu saya libur, daripada dirumah tak ada kegiatan, saya ikut bengkel mobil Kang Imam sekaligus mengasah ilmu. Di sekolah dapat ilmu teori, dan saya terapkan dengan praktek langsung. Dan saya dapat bayaran, uangnya saya tabung untuk keperluan sekolah juga,”ungkap anak pasangan Sarka dan isti warga RT 03 RW 01Kelurahan Kedungmenjangan.

Pria kelahiran  12 Oktober 2000 menceritakani, berawal saat masih di SMP kerap melihat alat-alat bengkel, mulai dari kunci inggris, kunci letter L serta berbagai jenis kunci lainnya. Ia mulai mencoba belajar secara otodidak untuk melakukan perbaikan kendaraan roda dua.

Hal pertama yang ia lakukan saat kelas I SMP yakni memperbaiki kerusakan pada roda bagian depan selanjutnya mulai memperbaiki kerusakan pada rantai kendaraan roda dua serta mulai mengganti oli.

“Sejak kecil saya memang suka  membengkel, sehingga mengenal bagian -bagiannya,”ungkap Sandi.

Saat kelas III SMP lanjut Sandi, obsesi untuk meneruskan sekolah teknik mulai dan bercita-cita menjadi mekanik handal terbangun, pilihannya jatuh pada SMK Negeri 1 Bukateja yang pas kebetulan ada Jurusan Teknik Kendaraan Ringan.

“Cita-cita saya menjadi mekanik handal, dan pendidikan yang dapat membantu saya mewujudkan cita-ciya hanya bersekolah di SMK. Lulus SMK bisa langsung kerja,”kenang Sandi yang menyukai masakan serba pedas ini.

Kegiatan yang dilakukan Sandi dibengkel, masih sebatas membantu pemilik bengkel, misalnya Saat melakukan perbaikan dengan membongkar mesin, ia mulai bisa membantu melakukan pembersihan bagian mesin dengan menggunakan cairan khusus dan juga penyemprotan dengan menggunakan kompressor khusus. Sementara untuk perbaikan dengan skala berat tugas tersebut ditangani oleh pemilik bengkel.

“Banyak pengalaman baru didapat ketika bekerja langsung di dunia pekerjaan yang nyata. Sabar dan ulet itu rahasianya,”ungkap Sandi (mahendra yudhi krisnha)

 

 

 

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!