Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran 2019, Satlantas Brebes Rekayasa Lalin Satu Arah di Tol Jakarta – Brebes Barat

By: On: Dibaca: dibaca 21.60Rbx
Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran 2019, Satlantas Brebes Rekayasa Lalin Satu Arah di Tol Jakarta – Brebes Barat

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Brebes menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas pada arus balik dan mudik 2019 mendatang.

Kasatlantas Polres Brebes, AKP M Adimas Purwonegoro mengatakan, diperkirakan arus puncak mudik via ruas tol dari arah Jakarta-Semarang akan terjadi pada tanggal 31 Mei, 1 Juni dan 2 Juni 2019. Sehingga, beberapa antisipasi dipersiapkan Satlantas Polres Brebes. Termasuk, rekayasa perputaran balik (uturn) sebelum gardu tol (tol gate) Brebes Barat dari pola 4:0, 3:1 hingga normal kembali usai ruas tol Brebes Barat.

“Pemberlakuan sistem one way dari Jakarta KM 29 sampai dengan KM 262 di wilayah Brebes Barat akan diberlakukan sistem satu arah tol dari Jakarta sampai ke Brebes Barat. Dirinci, rencana one way jalur A dan Jalur B di ruas jalan tol KM 29 Cibitung (Jakarta) hingga ruas tol Brebes Barat (Jawa Tengah) sejauh 233 KM,”ungkapnya.

Berdasarkan keterangan dari Korlantas Mabes Polri, kata Adimas, skenario satu arah pada arus mudik 2019 kendaraan dari arah Jakarta menuju ke arah Jawa Tengah akan dibuat satu arah mulai dari KM 25 atau setelah exit tol Cibitung dan pada KM 29 gerbang tol Cikarang utama hingga KM 262 Brebes barat.

“Penerapan satu arah ini dilakukan untuk melancarkan arus lalu lintas dengan memanfaatkan ruas tol ada jalur A dan jalur B jalan tol Jakarta – Cikampek dan jalan tol Cipali serta fasilitas yang ada di sepanjang jalan tersebut. Termasuk rest area kendaraan dari arah Cipularang yang akan menuju Jakarta dialihkan menuju Pantura melalui Cikampek,” ungkapnya.

Sedangkan kendaraan yang akan menuju Jakarta dari arah Semarang dikeluarkan melalui exit tol Brebes barat melalui Pantura menuju Cirebon hingga Karawang dan masuk kembali ke Tol melalui ke tol Cikarang Barat hingga selanjutnya menuju arah Jakarta.

Kemudian bagi kendaraan dari arah Purwokerto menuju Jakarta diarahkan menuju Pantura untuk selanjutnya menuju Cirebon dan Jakarta.

Skenario satu arah pada arus balik 2019 kendaraan yang datang dari arah Semarang akan menggunakan dua jalur A dan B pada KM 189 atau gate Palimanan menuju ke arah Jakarta dan akan diberlakukan normal pada KM 25 Cibitung atau KM 29 Cikarang utama menuju ke arah Jawa.

Selanjutnya kendaraan yang akan menuju Semarang diarahkan melalui Pantura Subang Cirebon dan masuk tol Kanci hingga selanjutnya menuju Semarang kendaraan yang dari arah Jakarta menuju ke Bandung dan Semarang akan dikeluarkan ke jalur Pantura melalui exit tol Cikarang Barat. Kendaraan yang menuju Bandung dapat masuk melalui tol Cikampek lalu masuk Menuju Tol Cipularang.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!