Ryan Rachman : Menulis Itu Ibarat Orang Berenang, Kalau Sudah Bisa, Akan Terbiasa

By: On: Dibaca: dibaca 113.13Rbx
Ryan Rachman : Menulis Itu Ibarat Orang Berenang, Kalau Sudah Bisa, Akan Terbiasa
Ryan Rachman

Pelatihan Jurnalistik Anggota Bakohumas  Purbalingga

Cyber Media Lintas24.com-Para jurnalis di Purbalingga masih sulit untuk mengakses berita maupun peristiwa aktual dari tingkat desa hingga kecamatan. Padahal, para jurnalis akan sangat terbantu jika seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mampu dan mau membuat rilis.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Purbalingga, Ryan Rachman didepan 60 Anggota Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) se-Jajaran Pemerintah Kabupaten Purbalingga dalam kegiatan pelatihan jurnalistik yang diselanggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Purbalingga di aula kantor setempat, Selasa (12 Desember 2017)

“Purbalingga akan lebih berwarna, apabila seluruh bagian humas OPD mampu dan mau membuat membuat berita dari seluruh pelosok. Akan lebih dikenal dan informasi akan lebih cepat sampai kepada pembaca dimanapun berada,”ungkap Ryan.

Jurnalis Suara Merdeka Biro Purbalingga menjabarkan, walaupun seseorang memiliki kemampuan verbal baik, namun tidak jarang kesulitan untuk menuangkannya ke dalam tulisan yang informatif.  Kaidah penulisan yang harus sesuai kaidah baku bukan bahasa gaul yang menyalahi pakem rilis jurnalistik. Sebenarnya menulis rilis berita strategi mudah sekali. Yang utama, harus memahami apa yang akan ditulis, kemudian kaitkan dengan kaidah penulisan rilis yang meliputi unsur 5 W (what, who, why, when, where) dan 1 H (how).

“Jangan terlalu banyak pertimbangan dan tulislah sesuai dengan data yang ada. Tulis sesegera mungkin, jangan menunggu hari esoknya. Karena rilis berita yang basi akan tidak digunakan oleh media. Teruslah belajar untuk menulis, jangan takut untuk memulai. Menulis itu ibarat orang berenang, kalau sudah bisa, akan terbiasa, mengalir begitu saja,” kata Ryan Rachman. (mahendra yudhi krisnha)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!