by

Rumah Penerima PKH di Cilacap Bakal Diberi Label Keluarga Miskin Pakai Cat

-Daerah, Update-dibaca 13.68Rb kali | Dibagikan 67 Kali

Rumah penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Cilacap akan diberi tulisan keluarga miskin atau keluarga tidak mampu di tembok atau dinding bagian depan rumahnya.

“Tulisan ini bukan dalam bentuk stiker, tapi langsung dengan cat sehingga tidak bisa dilepas,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cilacap, Taryo, Rabu (4 November 2020).

Menurutnya, dengan memberikan label keluarga tidak mampu ini, maka akan ada transparansi mengenai siapa saja keluarga yang menerima bantuan PKH. Ini merupakan upaya mewujudkan transparansi, antara lain dengan memberi label pada rumah setiap keluarga penerima manfaat (KPM) yang menerima bantuan.

“Program labelisasi ini dimaksudkan untuk mendorong kemandirian warga.’Seluruh warga desa, bisa mengetahui siapa saja yang mendapat program PKH. Paling tidak, warga yang mendapat label cat pilok seperti ini, akan termotivasi untuk mandiri dan berusaha meningkatkan kemampuan ekonomi keluarganya sehingga tidak ada lagi label keluarga miskin di depan rumahnya,” katanya.

Dia berharap, adanya label tersebut juga akan juga akan mendorong keluarga yang sebenarnya tidak berhak menerima bantuan, untuk mengundurkan diri dari program PKH. Karena, Kementerian Sosial telah mengambil kebijakan agar penerima bantuan PKH bisa berkurang minimal 10 persen per tahun

‘Ini juga menjadi salah satu harapan kita, agar program PKH yang dilaksanakan di Cilacap bisa lebih tepat sasaran. Melalui program labelisasi ini, maka target pengurangan PKH sebesar 10 persen per tahun ini bisa tercapai,” katanya.

Menurutnya, pada tahun 2020 ini ada sebanyak 83.794 KPM di Kabupaten Cilacap yang mendapat bantuan PKH.

”Seluruh rumah penerima PKH ini akan kita beri label. Saat ini program labelisasi sudah dimulai, dan diharapkan selesai seluruhnya pada 10 Desember 2020,” katanya.

 

 

Comment

Berita Lainnya