Menu
Media Online Terpercaya

Rumah Pancasila Purbalingga Gelar Peringatan Harlah Pancasila

  • Share

Kontrol sosial

Baca Juga: Pelaku Sejarah Purbalingga, Tri Daya Kartika: Pancasila telah teruji menyatukan bangsa

Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Purbalingga, Setiyadi. Dikatakan,  ideologi pancasila merupakan kumpulan nilai dan norma yang menjadi landasan keyakinan dan cara berpikir untuk mencapai tujuan dengan berdasar kepada lima sila dalam pancasila.

Baca Juga: Keluarga Besar Marhaenis (KBM) Daerah Istimewa Yogyakarta Gelar Peringatan Harlah Pancasila, 1 Juni

“Jadi, kita harus hafal dan pahami kelima sila di Pancasila.Penting juga untuk mengetahui mengenai ideologi pancasila. Dengan begitu, kecintaan terhadap negara ini akan makin bertambah,” katanya

Sebagai ideologi negara tegasnya, tentu saja Pancasila juga memiliki fungsi. Pancasila berperan sebagai sarana pemersatu masyarakat dan juga bertindak sebagai pemelihara persatuan dan kesatuan bangsa. Serta berfungsi mengarahkan dan motivasi bangsa untuk mencapai cita-citanya.

“Pancasila sebagai ideologi negara juga berfungsi sebagai kontrol sosial. Maksudnya adalah, pancasila menjadi tolak ukur sejauh mana negara kita telah menggapai cita-citanya. Paling penting, Pancasila merupakan identitas bangsa, oleh karenya juga berperan untuk memelihara dan mengembangkan identitas NKRI,” ungkapnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *