by

Rp 1,4 miliar dari APBD Cilacap Untuk Gaji Pegawai

-Politik-dibaca 113.50Rb kali | Dibagikan 69 Kali

Reses Purwati 07

Reses Purwati Anggota DPRD Cilacap di Desa Kuripan Kidul

CILACAP – Anggota DPRD Cilacap dari Komisi D Purwati, menggelar reses masa sidang I bulan Maret tahun 2016 di Balai Desa Kuripan Kidul, Kecamatan Kesugihan, Kamis (24/3) siang.

Dibuka oleh pidato sambutan Kepala Desa Kuripan Kidul Bejo Parmin, reses terbilang meriah dan kental dengan suasana budaya Jawa.

Kades mengatakan bahwa pihaknya sengaja menyuguhkan gamelan di tengah-tengah perhelatan reses, tak lain ingin menampilkan kesan berbeda. Karena selama ini reses di tempat lain terkesan formal dan tidak menonjolkan kearifan lokal.

Sementara Ketua DPC Partai Gerindra Suyatno mengatakan, suguhan gamelan yang mengiringi dalam setiap sesi acara merupakan ide unik dan tidak ditemui pada reses-reses lain. “Saya salut kepada Pak Bejo Parmin atas ide ini,” ucapnya, yang disambut tepukan riuh pengunjung.

Selanjutnya Suyatno menambahkan, reses merupakan kewajiban anggota DPRD di tengah berakhirnya masa sidang.

“Ibu Purwati merupakan Wakil Ketua Komisi D DPRD Cilacap dan representasi Gerindra  di Daerah Pemilihan (Dapil) II, meliputi Kecamatan Kesugihan, Jeruklegi, Sampang, dan Maos. Target Gerindra adalah memenangi Pemilu 2019 dan menjadikan Prabowo Subianto sebagai Presiden RI,” katanya.

Untuk itu, dalam hal pendaftaran balon bupati Cilacap, Gerindra tidak akan gembar-gembor seperti partai lain.

Pada kesempatan tersebut, Suyatno sedikit berpromosi tentang pribadi Purwati. Dia mengatakan, Purwati satu-satunya perempuan yang menjadi ketua fraksi, satu-satunya perempuan yang menjadi wakil ketua komisi, dan satu-satunya perempuan yang menjadi anggota Badan Anggaran DPRD Cilacap.

“Jadi, Ibu Purwati tahu dalamnya DPRD seperti apa,” tandasnya, yang disambut riuh pengunjung reses.

Dalam pidatonya, Purwati yang menjadi gong reses itu menjelaskan, reses adalah silaturahmi anggota DPRD dengan konstituennya di Dapil masing-masing.

“Sebagai anggota Dewan, kita harus melayani masyarakat yang mengusungnya. Serta menjelaskan apa yang ada dan terjadi di pemerintahan daerah yang masyarakat belum tahu,” kata istri Kepala Desa Karangkemiri, Kecamatan Jeruklegi, Kuswadi Purwojatmiko itu.

Dia mencontohkan, APBD Cilacap saat ini Rp 2,8 miliar. Separuhnya, yakni Rp 1,4 miliar untuk gaji pegawai, dan sisanya untuk pembangunan dan infrastruktur.

Pada reses kali ini, pihaknya mengumpulkan semua ranting dan PAC Gerindra di Dapil II bersama tokoh masyarakat, kepala desa, dan seluruh warga di Desa Kuripan Kidul.

Inti dari reses yaitu bisa mengawal aspirasi rakyat karena masyarakat mengharapkan peningkatan kesejahteraan dan mengentaskan kemiskinan.

Hal itu, imbuh Purwati, sesuai target tahun 2017 bahwa prioritas program pemerintah daerah mengentaskan kemiskinan, di antaranya merehab rumah tidak layak huni (RTLH) dan sosialisasi peraturan pemerintah (PP) Nomor 2 Tahun 2012 tentang Dana Hibah dan Bansos.

Dia berharap masyarakat khususnya di Dapil II harus paham tentang permasalahan yang ada di Kabupaten Cilacap dan bersama-sama untuk bisa membangun, sama-sama bekerja untuk peningkatan kesejahteraan.

Ditanya wartawan terkait rencana usai reses, Purwati mengatakan disesuaikan dengan agenda yang ada di Komisi D DPRD Cilacap, yakni melakukan peninjauan-peninjauan dan kunjungan kerja ke seluruh wilayah Indonesia. Serta melakukan studi banding yang nantinya hasil dari kabupaten atau provinsi lain bisa diadopsi untuk membuat kebijakan di Kabupaten Cilacap yang disesuaikan dengan potensi yang ada.

Juga dikatakan, dalam reses ini dia mengumpulkan semua ranting dan PAC Gerindra di Dapil II bersama tokoh masyarakat, kepala desa, dan seluruh warga di Desa Kuripan Kidul. (estanto prima yuniarto)

 

Comment

Berita Lainnya