Rossi Juara Dunia Tanpa Mahkota

By: On: Dibaca: 102,153x
Rossi Juara Dunia Tanpa Mahkota

Lorenzo

Duo Honda Selamatkan Lorenzo

Pebalap Yamaha, Jorge Lorenzo yang terus mendapat pengawalan ketat dari duo Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, dari kejaran Valentino Rossi, akhirnya sukses merebut gelar juara dunia MotoGp tahun 2015 setelah berjaya di grand prix Valencia, Minggu (8/11).

Namun penampilan luar biasa Rossi yang mampu masuk jajaran empat dari dari start di urutan belakang membuktikan dia sebagai juara dunia tanpa mahkota.

Upaya keras Rossi yang start di urutan 26 untuk masuk posisi tiga besar agar bisa mengamankan gelar juara dunia tidak terwujud di lap-lap akhir balapan. Jarak juara dunia sembilan kali asal Italia itu dengan trio Spanyol, Lorenzo, Marquez dan Pedrosa cukup jauh. Kemudian Marquez dan Pedrosa tampil stabil untuk membuntuti Lorenzo sehingga posisi tiga besar tidak tergeser dari awal balapan.

Sudah begitu Marquez tidak pernah memberikan ancaman bagi Lorenzo. Beberapa kali Marquez sempat mendekati Lorenzo namun tetap tidak mampu melewati rekan senegaranya itu untuk perebutan posisi utama. Kemudian Pedrosa juga tidak berhasil mengusik Marquez di urutan dua.
Ini merupakan kemenangan keenam Lorenzo musim ini.

Kemenangan di Valencia sekaligus mengantar dia melewati Rossi dan berhak atas juara dunia. Lorenzo mengumpulkan 330 poin, meninggalkan Rossi yang hanya bisa meraup 325 poin.

Lorenzo yang memulai balapan sebagai pemegang pole, melesat sebagai yang terdepan sejak awal.

Pesaing terdekatnya Marquez dan Dani Pedrosa. Sementara itu Valentino Rossi melakukan segalanya untuk sedekat mungkin dengan Lorenzo. Start dari urutan terbawah, The Doctor terus memperpendek selisih. Di lap ketiga ia berhasil di urutan 11, dan dua lap berselang, posisi sembilan digapai.

Drama lain terjadi pada Andrea Iannone. Pembalap Italia yang dijagokan untuk menyaingi Lorenzo ini, justru harus mengakhiri balapan di lap empat. Rossi yang tidak akan mendapatkan bantuan dari siapa pun lagi, terus mendesak hingga urutan ketujuh di lap tujuh.

Seluruh mata tersedot bukan pada Lorenzo yang mengamankan urutan pertama, tetapi pada kegigihan Rossi yang bertarung dengan dua bersaudara Espargaro, Pol dan Aleix. Belum cukup, Rossi juga menyalip Andrea Dovizioso untuk masuk ke urutan empat. Kini di depannya tinggal Lorenzo dan duo Honda, Marquez-Pedrosa.

Ketiga pembalap Spanyol tidak mau saling mengalah, tetapi di setengah perjalanan, Pedrosa mulai kehilangan daya saing. Sementara Marquez punya masalah di ban depan.

Sementara itu pebalap asal Spanyol Tito Rabat meraih kemenangan ketiga pada musim ini di Moto2.

Namun, Rabat tidak mampu melewati rekan senegaranya Alex Rins yang menempati posisi kedua dalam klasemen kejuaraan dunia, dimana Rins finis kedua untuk mengakhiri musim dengan selisih tiga poin. Pebalap Swiss Thomas Luthi di tempat ketiga dengan juara dunia yang sudah dinobatkan Johann Zarco turun di posisi ketujuh.

Pada Moto3, Danny Kent menjadi pebalap Inggris pertama yang berhasil menjadi juara dunia dalam 38 tahun terakhir setelah memastikan menjuarai Moto3 di akhir musim di Valencia.

Kent hanya membutuhkan satu poin di Spanyol untuk memastikan dia tidak bisa dikalahkan oleh pesaingnya asal Portugal Miguel Oliveira, naik dari peringkat 18 pada grid awal untuk finish di posisi kesembilan.

Barry Sheene adalah juara Inggris terakhir menjadi juara dunia pada tahun 1977. Oliveira memenangi balapan ketiga secara berturut-turut di depan pebalap Spanyol Jorge Navarro dan Jakub Kornfeil dari Republik Ceko.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!