Ropallo Archery, Kembangkan Olahraga Panahan di Purbalingga

By: On: Dibaca: 7,479x
Ropallo Archery, Kembangkan Olahraga Panahan di Purbalingga

 

Panahan merupakan  salah satu cabang olahraga yang menggunakan alat berupa busur dan anak panah. Dalam permainan atau perlombaan panah, para pemain harus menembakkan anak panahnya sesuai dengan target sasaran yang sudah di tentukan.

Olahraga yang dapat melatih daya fokus tersebut mulai berkembang di berbagai daerah. Tak terkecuali di Kabupaten Purbalingga, terdapat klub panahan yang mengembangkan olahraga panahan di Kabupaten Purbalingga yaitu Ropallo Archery Club (RAC).

Dengan Tagline Purbalingga Memanah,  RAC  berusaha menggali potensi pemanah yang berasal dari Kabupaten Purbalingga. “Awal 2017 saya melihat olahraga panahan di Kabupaten Purbalingga belum ada gaungnya di event lokal maupun resmi. Hingga akhirnya saya bertemu Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Purbalingga, Winarno  katanya olahraga panahan memang sudah vakum sejak 2016. Karena itu, kami ingin memasyarakatkan olaharaga panahan di Kabupaten Purbalingga,” kata pengelola Ropallo Archery Club (RAC) Purbalingga, Andi Riyono, Jumat (9/3/2018).

Andi yang memiliki sertifikat sebagai pelatih memanah ini mengatakan sejak RAC berdiri pada 23 Juli 2017 lalu, minat masyarakat kepada cabang olah raga mengalami perkembangan. “Saat ini sudah ada 15 atlet yang rutin berlatih, beberapa sekolahpun telah bekerjasama untuk mengembangkan olahraga panahan,” katanya.

Tambahnya, kami juga dipercaya Pengkab Perpani untuk event Pra-Pekan Olahraga Provinsi (Pra-Porprov) di Kota Pati Bulan Oktober 2017 lalu. “Alhamdulillah walau baru, ada 1 atlet mewakili  Purbalingga yang lolos dan akan ikut Porprov di Kota Surakarta bulan Oktober 2018 nanti,” ungkapnya.

Andi juga menyadari bahwa cabang olahraga panahan dan kompetisi panahan di Kota Purbalingga, untuk saat ini termasuk tertinggal jika dibandingkan dengan kabupaten lain di Jawa Tengah. “Kami bertekad untuk membangun dunia cabang olahraga memanah di Purbalingga. Lebih khusus melatih pelajar, Namun, RAC terbuka untuk semua kalangan,” katanya

Pria kelahiran 10 Juni 1979 tersebut, mengatakan memanah adalah kekuatan diri serta dapat membentuk karakter. ”Dalam memanah diperlukan ketenangan, fokus, berani dan yakin tepat sasaran, hal ini dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

RAC melakukan latihan di komplek pintu masuk Bumi Perkemahan (Buper) Munjuluhur, Desa Wisata Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Andi Riyono (081932239132) atau melalui media sosial Instagram @andi_ropalo.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!