Riyanto Terima SK Plt Direktur PDAM Purbalingga

By: On: Dibaca: 15,828x
Riyanto Terima SK Plt Direktur PDAM Purbalingga

Riyanto SE MSi Ak menerima Surat Keputusan (SK) Pengangkatan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur PDAM Kabupaten Purbalingga dari Bupati Purbalingga. Penyerahan dilakukan di ruang Kerja Bupati, Kamis (13 Juni 2019).

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM mengakui ada beberapa peningkatan kinerja saat menjabat periode sebelumnya selama 6 bulan. Diantaranya respon pengaduan yang sudah dilayani dengan baik, pengurusan legalitas untuk AMDK. Sedangkan problem yang belum terselesaikan yakni laporan keuangan produksi AMDK, dan pembuatan Business Plan yang belum terselesaikan.

“Saya harap ke depannya jajaran PDAM bisa di-push lagi agar laba lebih besar. Karena biar bagaimanapun BUMD itu di-create untuk membantu pemerintah dalam support PAD (Pendapatan Asli Daerah),” katanya.

Mengenai sumber daya manusia (SDM) nya ataupun jajaran direksi, Bupati meminta agar dilakukan fit and provert test, lelang terbuka untuk mencari yang profesional. Ataupun model perekrutan yang lain dengan prosedur yang jelas.

Kepala bagian Prekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Purbalingga, Edhy Suryono SSos MM menyampaikan hasil audit PDAM Kabupaten Purbalingga dari Kantor Akuntan Publik (KAP) ada beberapa rekomendasi yang perlu dilakukan pihak PDAM agar perusahaan tersebut senantiasa sehat. Salah satunya yakni menaikan tarif dasar air.

“Harus ada kenaikan tarif dasar untuk air karena kalau dibiarkan saja ke depan maka PDAM tidak akan mencapai laba, sebab saat ini pendapatan sudah hampir sama dengan biaya pengeluaran perusahaan,” katanya.

Selain itu dari KAP juga merekomendasikan untuk adanya ekspansi bisnis. Sebab saat ini PDAM baru menjangkau 30% masyarakat Purbalingga. Sementara itu masih ada 6 kecamatan yang belum terlayani PDAM.

“Dibutuhkan sumber mata air baru, khususnya untuk bisa melayani daerah-daerah yang belum terjangkau pelayanan PDAM,” katanya

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!