by

Rentetan Prestasi Minikino dan Persiapan Minikino Film Week 6 Tahun 2020 di Bali

-Inspirasi, Update-dibaca 7.81Rb kali | Dibagikan 24 Kali

Memasuki tahun 2020 ini, Minikino terus aktif berjejaring  dengan festival film pendek lainnya di dunia. Meski berada di tengah terpaan pandemi COVID-19, Minikino Film Week 6 (MFW6), Bali International Short Film Festival akan kembali menyelenggarakan edisi ke-enamnya pada 4-12 September 2020 mendatang sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

Direktur Travelling Festival, I Made Suarbawa, mengatakan bahwa Minikino juga mendapat kesempatan untuk mengikuti beberapa acara besar di luar negeri dengan kerja sama beberapa negara. Beberapa film pendek Indonesia berhasil mendapat kesempatan tayang di festival film pendek negara  lain, seperti Show Me Shorts Selandia Baru pada 18-19 Agustus lalu, serta Seoul International Extreme-Short Image & Film Festival (SESSIF) pada 15-20 September 2020 mendatang.

“Tiap tahunnya, MFW selalu menghadirkan kolaborasi baru hasil dari jaringan kerja Minikino dengan berbagai festival film pendek maupun para profesional lainnya. Sebuah festival film pendek sejatinya adalah ruang untuk eksibisi, edukasi, dan networking, sehingga memperluas jaringan kerja menjadi kunci utamanya,” tuturnya kepada siber lintas24.com, Selasa (01 September 2020).

Di sisi lain, Direktur Program Minikino, Fransiska Prihadi, mengungkapkan ada beberapa acara besar di beberapa negara yang melibatkan dirinya sebagai wakil dari Minikino. MFW6 kali ini turut didukung dan difasilitasi oleh Bidang Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Menjadi komite juri dalam ReelOzInd! Australia Indonesia Short Film Competition 2020, Toronto Reel Asian International Film Festival kategori film pendek (12-19 November 2020), serta pembicara dalam Industry Talk: Festival Cooperation in a Time of Crisis yang diselenggarakan secara daring oleh Short Waves Festival  dan Glasgow Short Film Festival (20 Agustus 2020). Di Indonesia sendiri, pada tahun ini Minikino kembali menjadi bagian tim kurator Festival Film Indonesia (FFI) untuk kedua kalinya pada kategori film pendek cerita,” jelasnya.

Pada pelaksanaannya 12 September mendatang, MFW6 akan menggelar penganugerahaan film-film pendek terbaik dalam beberapa kategori, antara lain; MFW Best Short Film of the Year 2020, MFW6 Best Animation Short, MFW6 Best Audio Visual Experimental Short, MFW6 Best Children Short, serta MFW6 Best Documentary Short. Pertama kalinya pada tahun ini, MFW6 akan memberikan penganugerahaan khusus untuk film-film pendek Indonesia dalam kategori MFW National Competition Award 2020.

“Secara umum, akan ada 31 program internasional, 8 program S-Express 2020 dengan fokus Asia Tenggara, 3 program Indonesia Raja 2019, 3 program tamu dan Begadang 2020 Official Selection. Lalu, untuk Short Film Market Events 2020, ada 4 (empat) topik Forum, 3 (tiga) Talks, 1 (satu) Fringes, dan 2 (dua) Workshop,”pungkasnya.

Editor : Rizky Riawan Nursatria

Comment

Berita Lainnya