Rektor UNS Tarik 2.186 Mahasiswa KKN Periode 6

By: On: Dibaca: dibaca 72.99Rbx
Rektor UNS Tarik 2.186 Mahasiswa KKN Periode 6

 2.186 mahasiswa peserta program Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode ke enam Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengakhiri kegiatan KKN.

Penarikan secara simbolis di laksanakan di Desa Pojok, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo. Selasa (21 Februari 2017), oleh Rektor UNS bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS yang membawahi Unit Pelaksana Kuliah Kerja Nyata (UPKKN).

Rektor UNS,  Ravik Karsidi mengungkapkan, acara ini sekaligus menandai penarikan mahasiswa KKN dan 105 dosen pembimbing lapangan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Hari ini secara resmi kami mohon kelegaan hati bapak ibu sekalian, kami menarik para mahasiswa KKN UNS kembali ke kampus dan selanjutnya menyelesaikan studinya untuk jadi sarjana,”tutur Ravik Karsidi.

Ketua LPPM UNS, Sulistyo Saputro, khusus untuk KKN di Sukoharjo, tema yang diusung adalah air minum dan penyehatan lingkungan, pengembangan Usaha Mikro Kecil (UMK) dan pengembangan potensi pertanian. UNS berharap program KKN di Kabupaten Sukoharjo yang diikuti oleh 144 mahasiswa ini kedepannya dapat terus terjalin kerjasama yang solid antara akademisi, pemerintah, dan masyarakat.

“Dari program KKN ini, berharap besar 45 hari disini mahasiswa kami bisa melakukan stimulasi, inisiasi, pemberdayaan potensi lokal dan dapat di tindak lanjuti oleh dosen pembimbing lapangan maupun dosen lain di UNS,” ujarnya.

Wakil Bupati Sukoharjo, Purwadi memberikan apresiasi atas terlaksananya program KKN yang digelar di wilahyahnya. Ia menyatakan siap melanjutkan apa yang sudah diupayakan mahasiswa.

“Saya menyambut baik atas pelaksanaan KKN disini. Dengan kehadiran mahasiswa di tengah-tengah masyarakat akan dapat memberikan tambahan pengetahuan dan sumbangan pemikiran serta kerja nyata dalam pendapatan warga dan membangkitkan ekonomi desa. Kami berharap berbagai produk yang dibuat dapat dilanjutkan warga dan memberi manfaat,”ungkap Purwadi

Selain upacara penarikan, di hari yang sama juga diadakan pameran produk binaan mahasiswa KKN UNS di halaman Balai Desa Pojok seperti berbagai produk makanan, pembuatan briket yang memanfaatkan limbah arang , bank sampah, pupuk organik, alat penjernih air dan sebagainya. (dian mulyawati)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!