by

Rayakan HUT Ke-15, HIMPAUDI Purbalingga Berikan Kontribusi Besar Pembangunan Karakter Anak

-Pendidikan, Update-dibaca 2.55Rb kali | Dibagikan 9 Kali

Pendidikan anak usia dini sangat diperlukan untuk membangun dann menanamkan karakter pada anak sejak dini. Di usianya yang ke-15, Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Purbalingga telah berperan besar dalam membentuk karakter anak.

Ketua Himpaudi Purbalingga, Tohar, yang hadir dalam perayaan HUT Himpaudi kali ini mengatakan bahwa acara ini dirayakan secara sederhana karena masih dalam keadaan Pandemi. Namun, kesederhanaan itu diharapkan tidak mengurangi esensi serta semangat yang akan terus dijaga oleh para pengurus dan para guru Paud di semua tingkat kepengurusan.

“Terima kasih kepada para guru paud atas semangatnya selama ini. Dulu di awal boomingnya Paud di Indonesia, Purbalingga hanya ada 26 paud tapi sekarang hampir di semua Desa memiliki Paud sendiri,”ungkapnya kepada siber lintas24.com, Selasa (08 September 2020).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purbalingga, Setiyadi yang berkesempatan memberi sambutan mengungkapkan bahwa Himpaudi Kabupaten Purbalingga mengambil peranan penting dalam membentuk karakter anak khususnya yang mengikuti pendidikan non formal Paud.

Setiap anak memiliki karakter dan latar belakang berbeda, sehingga guru paud mempunyai peran besar untuk mengarahkan anak pada karakter yang kuat dan baik, serta santun.

“Ada yang keluarganya harmonis tiap pagi bangun untuk sholat dan karakter itu sudah kuat. Ada yang melihat orang tuanya setiap saat bertengkar, disitulah peranan berupa hiburan dan ketenangan di sekolah menjadi tugas para guru paud dalam membentuk karakter,”tuturnya.

Ia juga menambahkan,  karakter kuat bisa didapat ketika anak memiliki sifat jujur sehingga para guru paud dituntut untuk membentuk anak didiknya untuk selalu bersikap jujur, dan akan menjadi bekal ketika mereka  beranjak dewasa untuk mengambil peran dalam pembangunan bangsa.

“Jujur juga harus ditanamkan oleh para guru Paud agar anak-anak kita menjadi orang yang punya karakter ketika mereka mengambil peran dalam pembangunan suatu saat,”pungkasnya.

Editor : Rizky Riawan Nursatria

Comment

Berita Lainnya