Menu
Media Online Terpercaya

Purbalingga Punya “Batik Soedirman”. Motif Batik Khas Teranyar

  • Share
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi memperlihatkan Batik Soedirman. Motif batik asli karya warga desa tempat kelahiran Jenderal Soedirman. (Foto: Humas Pemkab Purbalingga)

Motif batik khas yang diberi nama Batik Soedirman dikenalkan kepada Purbalingga Bupati Dyah Hayuning Pratiwi. Batik ini terinspirasi dari tokoh Jenderal Soedirman, pahlawan nasional kelahiran daerah ini. Ada siluet sang jenderal, dan motif bunga serta dedaunan

BACA JUGA: Muhadjir Effendy Tak Sejalan Dengan Wacana Jokowi Agar Mulok Batik Ada di Sekolah

“Motif batik ini adalah karya saat  hasil pelatihan. Sehingga belum diproduksi secara massal dan belum juga dipasarkan,” ungkap Heru Nurcahyo.

BACA JUGA: Dekranasda Purbalingga Gelar Batik Carnival 2018

Heru yang baru saja selesai mengikuti pelatihan motif batik itu mengatakan, dalam kegiatan itu ia yang berasal dari desa tempat kelahiran tokoh besar bangsa ini, Jenderal Soedirman, dituntut membuat inovasi identitas batik tersendiri.

BACA JUGA: Rutan Kelas IIB Purbalingga Beri Pelatihan Membatik Warga Binaan Pemasyarakatan

“Motif dedaunan itu menceritakan bahwa Desa Bodaskarangjati mayoritas masyarakatnya memiliki mata pencaharian berkebun, tani, dan konsumsi yang tak pernah tertinggal adalah sayur-sayuran,” katanya.

BACA JUGA: Abdul Qodir al-Amin dan Rivaa Faradilla Jadi Pemenang Lomba Batik LP Ma’arif NU Jateng Kategori Guru dan Siswa

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengungkapkan,terkait produk batik asli Bodaskarangjati, Pemkab Purbalingga memiliki program prioritas pemulihan ekonomi. Salah satunya bantuan dana hibah stimulan untuk Kelompok UMKM, Kelompok Wisata, dan Kelompok Tani melalui proses survei.

BACA JUGA: Lenggak-Lenggok Batik Purbalingga 2019’ Kenalkan Batik Tak Hanya Untuk Keperluan Formal

“Para Kelompok UMKM perajin batik di Bodaskarangjati nanti bisa mengajukan proposal untuk mendapatkan bantuan stimulan ini,” katanya.

Sementara Camat Rembang, Revon Harpindiat berharap, pemerintah bisa men-support karya lokal ini.

“Harapan kami batik Soedirman ini bisa jadi salah satu ikon ciri khas Purbalingga. Kami selalu mendukung perajin batik dan membuat Batik Soedirman menjadi produk yang membanggakan warga Bodaskarangjati,” ungkap Revon.

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *