Purbalingga kirimkan 8 Disabilitas Ke Pra Pekan Paralympic Jateng

By: On: Dibaca: dibaca 64.18Rbx
Purbalingga kirimkan 8 Disabilitas Ke Pra Pekan Paralympic Jateng

 

National Paralympic Committee (NPC) Kabupaten Purbalingga akan mengirimkan kontingen pra pekan paralympic provinsi (Pra Pepraprov)  Jawa Tengah bagi penyandang disabilitas. Pekan olahraga akan dilaksanakan selama 3 hari sejak 22-25 November bertempat kota Surakarta.

Salah satu pengurangan NPC, Sri Wahyuni mengatakan NPC Purbalingga akan mengirimkan 8 atlet paralympic untuk cabang bulu tangkis, atletik dan tenis meja. Cabang olahraga hanya untuk penyandang disabilitas tuna rungu wicara, tuna daksa, tuna grahita dan tuna netra.

” 8 atlet tersebut yang kita kirim semuanya laki-laki, dan saat ini mereka sedang melakukan pemusatan pelatihan,” kata Sri Wahyuni yang sering di panggil Yuni, di Balai Apoeng, Sabtu (11/11).

Yuni mengatakan, untuk memotivasi para atlet NPC Purbalingga berencana akan menghadap Bupati Purbalingga. Ajang Pra Pepraprov nantinya akan mengharumkan nama Purbalingga di tingkat Jawa Tengah, untuk itu Yuni mohon doanya kepada masyarakat Purbalingga agar para atlet bisa mendapatkan prestasi yang maksimal.

“Purbalingga sekarang baru punya atlet paralympic yang sudah berkiprah di tingkat nasional baru satu orang yakni dari atlet renang, Surotim,” tanahnya.

Dukungan Pemkab menurut Yuni sangat dinantikan baik dalam support kebijakan, terlebih support anggaran. Karena NPC Purbalingga baru terbentuk Yuni  memaklumi belum adanya bantuan Pemkab untuk NPC. Sehingga selama ini anggaran masih didanai dengan dana swadaya masyarakat yang peduli terhadap atlet paralympic.

“Kedepan, bantuan anggaran dari Pemkab sangat harapkan agar Purbalingga bisa mencetak atlet-atlet paralympic yang bisa berprestasi di tingkat propinsi, maupun nasional, syukur bisa mencapai tingkat paralympic Asean,” katanya.

Kegiatan pekan paralympic, tambah Yuni juga sebagai kegiatan pemberdayaan bagi penyandang disabilitas agar bisa membangun kepercayaan dirinya. Setelah itu diharapkan dapat meningkatkan perekonomian para disabilitas yang rata-rata penyandang disabilitas berasal dari masyarakat tidak mampu secara ekonomi.(yoga tri cahyono)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!