Purbalingga Dilanda Angin Kencang, Pohon Bertumbangan

By: On: Dibaca: 343,140x
Purbalingga Dilanda Angin Kencang, Pohon Bertumbangan

Hujan deras disertai angin kencang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Purbalingga, Kamis (15 Februari 2018) siang. Sejumlah pohon tumbang dan merusak rumah beruntung tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga, Muhsoni menjelaskan, dapur rumah milik Ayadi (53) warga RT 2 RW 9 Kelurahan Kalikabong, Kecamatan Kalimanah rusak akibat tertimpa pohon kelapa yang berada di belakang rumah.

Sementara itu di Desa Nangkasawit, Kecamatan Kejobong, pohon duku yang tumbang mengenai bagian atap teras rumah milik Muhtori (50) warga RT 4 RW 2. Saat kejadian, para pemilik rumah sedang berada di dapur sehingga mereka tidak menjadi korban.

Sementara itu, sejumlah pohon peneduh jalan juga tumbang. Antara lain di ruas Jalan Letnan Sudani sebelah Pasar Segamas, Jalan Raya Grecol-Kalikabong, Jalan Karangmanyar-Grecol timur Islamic Centre. Di Jalan Soekarno Hatta, sebuah tiang listrik roboh.

“Pohon tersebut tumbang dan menutup jalan sehingga arus lalu lintas jadi tersendat. Kami langsung membentuk sejumlah tim dan bergerak mengevakuasi semua pohon yang roboh. Evakuasi selesai sekitar empat jam kemudian,” katanya.

Menurutnya, hujan deras disertai dengan angin kencang masih bisa terjadi dan melanda di wilayah Kabupaten Purbalingga.  Pasalnya saat ini intensitas hujan sedang cukup tinggi. Ia meminta kepada seluruh masyarakat untuk lebih waspada. Selain menyebabkan pohon tumbang, hujan juga bisa menyebabkan longsor.

“Untuk masyarakat yang memiliki pohon di sekitar rumah yang sekiranya sudah lapuk, diharap bisa menebangnya atau minimal memangkasnya, sehingga saat angin ribut, rumah menjadi aman tidak terkena pohon yang tumbang,” katanya.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!