by

Puluhan Angkutan Umum Terjaring Razia Gabungan

-Daerah-dibaca 111.65Rb kali | Dibagikan 95 Kali

DSC_1199

PURBALINGGA – Sedikitnya 21 angkutan umum terjaring razia gabungan yang digelar di Terminal Bus Purbalingga, Senin (23/5). Selain tidak memiliki surat-surat kelengkapan, uji kendaraan yang mereka bawa juga sudah habis masa berlakunya serta tidak laik jalan.Operasi gabungan antara Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Provinsi Jawa Tengah, UPT Dinhubkominfo Jateng Purwokerto, Dinhubkominfo Purbalingga, PJR Lalu Lintas Baturraden dan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Purbalingga.

Kepala Seksi Pemeriksaan Kendaraan Dinhubkominfo Provinsi Jateng Bekora Seputranto mengatakan, razia tersebut dilakukan secara rutin dengan sasaran seluruh angkutan umum baik yang memiliki trayek seperti bus, angkot dan angkudes maupun yang tidak bertrayek seperti taksi, bus pariwisata dan travel.

“Kami berkoordinasi dengan kepolisian untuk razia sesuai dengan tupoksinya. Kami cek uji KIR dan trayek serta kelaikan jalan kendaraan. Razia ini sebagai persiapan kendaraan menjelang mudik lebaran nanti,” katanya.

Kepala Satlantas Polres Purbalingga Inspektur Satu Riyatnadi mengatakan, razia gabungan tersebut bertepatan dengan pelaksanaan Operasi Patuh Candi sebagai cipta kondisi jelang operasi kemanusiaan Ketupat Candi jelang arus mudik dan balik nanti. Dalam operasi itu, tidak hanya kendaraan umum yang menjadi sasaran tetapi juga angkutan umum.

“Kita lihat tadi, beberapa pengemudi angkutan umum tidak membawa SIM dan STNK. Kendaraan juga banyak yang tidak laik seperti lampu utama dan sein tidak menyala, klakson mati, ban vulkanisir. Tentunya kondisi seperti itu rawan kecelakaan, kami beri tilang ke mereka dan peringatan untuk membuat kendaraan laik jalan,” katanya.

Baca Juga:  AKBP Derry Agung Wijaya Resmi Menjadi Kapolres Cilacap

Comment

Berita Lainnya