by

Produk UMKM Purbalingga Dipasarkan di 17 Jaringan Toko Modern

-Daerah, Update-dibaca 5.54Rb kali | Dibagikan 26 Kali

13 produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Purbalingga mulai dipasarkan di Toko Modern Indomaret. Kerjasama dengan Indomaret ini tidak lagi melalui proses uji coba.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) Budi Susetyono mengungkapkan, produk UMKM terpilih itu akanlangsung dijual di 17 toko Indomaret yang tersebar di Kabupaten Purbalingga. Disamping itu, produk UMKM ini langsung dimasukan dan terintegrasi dalam sistem pembayaran Indomaret tanpa harus dibedakan.

“Dari 37 produk yang kami tawarkan, diseleksi ternyata terdapat 13 produk yang bisa dijual disini,” katanya dalam Launching  Produk UMKM di Indomaret Jalan Pujowiyoto, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Selasa (22 Selasa 2020).

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) yang menandatangani  kerjasama penjualan produk UMKM  mengucapkan terimakasih kepada PT Indomarco Prismatama yang telah memberikan kesempatan Produk UMKM Purbalingga untuk bisa memasarkan di gerai-gerai Indomaret.

“Saya berharap ini berdampak pada kemajuan produk-produk lokal Purbalingga sehingga nantinya tidak hanya bisa dijual di tingkat lokal akan tetapi bisa menasional dan dijual di setiap gerai Indomaret di Indonesia,” katanya.

Ke depan, Bupati Tiwi di pemerintahan akan membuat suatu kebijakan, salah satunya membuat syarat pengajuan izin toko modern,yakni wajib kerjasama kepada pelaku UMKM lokal dan Tuka-Tuku Purbalingga. Rencananya hal itu akan menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi.

“Pemkab Purbalingga tidak pernah lelah untuk mengupayakan memberdayakan UMKM lokal di Purbalingga. Kalau kemarin kita berupaya untuk kerjasama dengan PT Bukalapak, Inshaallah kita saat ini juga sedang menjajaki agar produk-produk lokal di bawah naungan  Tuka-Tuku bisa kerjasama dengan Ali-Baba Group,” ungkapnya.

Sebab menurut Bupati, Ali-Baba Group ini merupakan e-commerce yang sudah terkenal di seluruh dunia. Dengan masuknya kerjasama tersebut maka produk UMKM Purbalingga bisa diakses dan didapat oleh berbagai Negara.

Sebelumnya sebanyak 36 produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Purbalingga telah dipasarkan di toko modern jaringan Alfamart.  Terobosan itu dilakukan menyusul adanya kerjasama antara  Pemkab dengan toko modern Alfamart.

“Ini bagian upaya memberdayakan UMKM di tengah pandemi.  Alhamdulilah, produk UMKM Purbalingga sekarang sudah bisa dibeli di Alfamart. Sekarang baru empat gerai, semoga kedepan lebih banyak lagi, ” ujar Bupati  Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi)  saat launching kerjasama pemasaran produk UMKM Purbalingga di Alfamart Jalan. AW Soemarmo, Kamis (6 Agustus 2020).

Comment

Berita Lainnya