by

Pramuli Kwarcab Purbalingga Singkirkan Pohon Tumbang Akibat Hujan dan Angin

-Peristiwa, Update-dibaca 13.02Rb kali | Dibagikan 125 Kali

Puluhan anggota Pramuka Peduli (Pramuli) Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga berjibaku menyingkirkan pohon yang tumbang di sepanjang jalan Mewek-Gambarsari di wilayah Kecamatan Kemangkon Purbalingga, Kamis (5 November 2020).

“Kami mendapatkan berita, ada pohon tumbang di sepanjang jalan Mewek-Gambarsari. Ya, karena hujan lebat yang disertai angin. Kami bergegas menuju tempat kejadian,” ungkap Urip Miswandi saat dilokasi kepada pramukapurbalingga.id yang dikutip media siber lintas24.com, Kamis (5 November 2020)

Urip menjelaskan, sekira pukul 11.30 Wib di beberapa wilayah Kabupaten Purbalingga terjadi hujan deras disertai angin. Hal tersebut mengakibatkan pohon tumbang. Kondisi tersebut menjadikan arus lalu lintas terputus. Sebab, batang pohon tumbang menutup jalan.

“Tadi kami potong semua pohon yang tumbang dan menutup jalan dengan gergaji mesin. Kami rampungkan pekerjaan itu sekira satu jam. Kami bahu membahu dengan tim dari BPBD, SAR Purbalingga, PMI, RAPI, PRC, dan Relawan Banyumas,” ungkapnya

Ia menambahkan, setelah menyingkirkan pohon yang tumbang di sepanjang jalan Mewek-Gambarsari. Anggota Pramuli bergerak menyisir ke wilayah-wilayah yang terdampak, sasarannya yakni rumah-rumah warga di Desa Toyareka, Gambarsari, Jetis, Muntang dan Kemangkon.

“Kami juga membantu evakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah Pak Budiarto di RT 02 RW 06 Desa Toyareka,” ungkapnya

Pimpinan Kegiatan yang juga Andalan Sarana dan Prasarana Kwarcab Purbalingga, Edi Susanto menuturkan, Kwarcab Purbalingga memang telah menyiapkan personil Pramuli dan Unit Bantuan Pertolongan Pramuka (Ubaloka) untuk siap, sedia dan siaga selama 24 jam dilibatkan membantu dan mengevakuasi dampak bencana alam.

“Personil kami konsentrasikan di Sanggar Bakti Pramuka dengan penjadwalan piket,” ungkapnya

Ia menambahkan, semua personil yang dilibatkan dalam kegiatan ini telah dibekali pengetahuan pertolongan pertama dan evakuasi saat terjadi bencana alam.

“Tentu, semua personil yang dilibatkan menggunakan perlengkapan keselamatan diri dan peralatan pendukung, seperti gergaji potong, golok, tali dan kendaraan evakuasi. Untuk masyarakat yang membutuhkan pertolongan kami dapat datang ke Sanggar Bakti Pramuka di Jalan Kopral Tanwir No. 61, Kelurahan Purbalingga Lor,” ungkapnya

Comment

Berita Lainnya