Pramuka Siaga Dikenalkan Potensi Wisata Goa Lawa

By: On: Dibaca: 8,332x
Pramuka Siaga Dikenalkan Potensi Wisata Goa Lawa

Pesta Siaga 2018 Kwarcab Purbalingga

Obyek Wisata Goa Lawa Purbalingga menjadi ajang Pesta Siaga Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Purbalingga tahun 2018. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang selalu menggunakan Bumi Perkemahan (Buper) Munjuluhur, Kecamatan Bojongsari untuk semua kegiatan kepramukaan.

Ketua Panitia Pesta Siaga Cabang, Budiono Abdilah menuturkan, tahun ini sengaja memilih tempat Obyek Wisata Goa Lawa. Hal ini ditujukan  agar anak-anak mengenal daerah-daerah yang ada di Purbalingga khususnya potensi yang ada di Purbalingga.

“Di tahun-tahun berikutnya,  Pesta Siaga akan dilaksanakan secara bergantian.Tahun ini di Kwaran Karangreja, ditempatkan di obyek wisata goa lawa, tahun depan bergiliran di kwaran-kwaran yang lain,” jelasnya kepada cyber media lintas24.com, Sabtu (24 Februari 2018).

Budi menambahkkan, tujuan diadakannya pesta siaga sebagai wahana latihan variasi berkala setiap satu tahun sekali dari masing-masing perindukan (barung) tergiat di masing-masing Kwartir Ranting (Kwarran).  Harapannya dapat mengadakan tukar menukar pengalaman, pengetahuan dan kecakapan antar sesama pramuka siaga.

“Tentunya pesta siaga ini menjadi wadah pendidikan karakter anak supaya mempunyai jiwa yang giat, sehingga dengan harapan ketika mengikuti siaga anak-anak kita menjadi anak yang beriman, cerdas dan pandai serta mempunyai karakter yang kuat,” tambahnya.

Budi menjelaskan, pesta siaga cabang kali ini diikuti 1.060 anak yang berasal dari 18 Kwarran yang ada di Kabupaten Purbalingga. Masing-masing Kwarran mengirimkan 6 barung terbaik yakni 3 barung putra dan 3 barung putri untuk melatih kecerdasan di 12 taman dengan materi meliputi ketakwaan, kesenian, ketangkasan, Peraturan Baris Berbaris (PBB), Tali Temali, Kompas, Peta, Bumbung Siaga, kepribadian, pengetahuan umum dan kepramukaan, kim administrasi serta peta.

“Meriah sekali, karena satu barung berjumlah sepuluh anak sehingga totalnya adalah 1.060 peserta,” imbuhnya.

Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK), Erni Widyawati Tasdi mengapresiasi  Kwarcab Purbalingga yang telah berinovasi untuk penyelenggaraan pesta siaga cabang. Sehingga peserta pesta siaga cabang memahami besarnya potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki Kabupaten Purbalingga.

“Ke depan anak-anak akan paham dan tahu potensi-potensi yang ada di wilayah Purbalingga,” ungkap Erni.

Dikatakan lebih lanjut, tema pesta siaga kali ini gembira, kreatif dan bersahabat memiliki makna yang dalam yakni ajang pertemuan untuk membangun kreatifitas, mengasah kemampuan dan melatih mental.

“Pesta Siaga selalu diarahkan dalam bentuk belajar sambil melakukan (learning by doing) dan kegiatan prestasi. Sebagai kegiatan prestasi tentunya ada barung tergiat, oleh karenanya siapapun yang nanti menjadi barung tergiat, perjuangan kalian belum selesai , kalian akan menjadi wakil kwarcab yang wajib membawa nama baik dan berupaya secara optimal,” pesan Erni.(muhammad noor)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!