by

Pramuka Peduli Kwarcab Purbalingga Terus Gencarkan Gerakan Pakai Masker

-Pendidikan, Update-dibaca 18.10Rb kali | Dibagikan 173 Kali

Pramuka Peduli (Pramuli) Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Purbalingga terus menggencarkan edukasi penggunaan masker kepada masyarakat. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Purbalingga.

Andalan Cabang Urusan (Ancu) Penggalang,  Maryono mengungkapkan, program Pramuka Bakti Peduli Covid-19  ini melibatkan 30 anggota  Pramuka Penggalang. Kegiatan ini sekaligus mendukung Pemerintah Kabupaten Purbalingga.

“Kami membagikan masker dan memberikan edukasi pentingnya memakai masker kepada masyarakat di simpang empat Kedungmenjangan, di SPBU Kalimanah dan simpang empat Karangsentul. Kami melibatkan pengurus Pramuli, para Ancu dan anggota Pramuka Penggalang dari SMP Negeri 1 Bobotsari dan SMP Maarif NU kemangkon,” ungkapnya kepada media siber lintas24.com, Selasa (28 Juli 2020)

Ia menambahkan, memakai masker sebagai satu cara efektif untuk meminimalisir risiko penularan Covid-19. Oleh karena itu, semua orang yang beraktivitas di luar ruangan disarankan untuk mengenakannya.

“Penggunaan masker akan memberi perlindungan ekstra dari bakteri dan virus penyebab penyakit menular. Sebaiknya, kita tetap memakai masker saat sedang beraktifitas di luar rumah. Ganti masker yang sudah terpakai,  basah atau lembab dengan masker baru, minimal 4 jam sekali,” ungkapnya

Maryono mengungkapkan, tadi banyak pengendara tidak memakai masker. Padahal, pemakain masker dapat membantu mencegah droplet yang keluar saat batuk, berbicara atau bersin tidak mengenai orang lain. Hal ini tentu dapat memperlambat penyebaran virus. Selain itu, masker kain juga dapat mencegah kita dari kebiasaan menyentuh wajah dan menjadi pengingat visual untuk mempraktikan phisycal distancing

“Mari kita budayakan memakai masker selama pandemi Covid-19 ini. Jangan hanya memakai masker ketika ada operasi masker saja,” tegasnya

Satu pengendara bermotor, Wiwin Priyanti mengapresiasi kegiatan yang dilakukan anggota Pramuka ini. Ia menyakini, memakai masker menjadi cara paling efektif dalam mencegah penularan virus corona, yang utamanya menyebar lewat transmisi udara.

“Memakai masker wajah di tempat umum adalah cara yang paling efektif untuk mencegah penularan antar-manusia,” tuturnya

 

 

Comment

Berita Lainnya