Pramuka Harus Tanamkan Nilai Kejuangan

By: On: Dibaca: dibaca 208.49Rbx
Pramuka Harus Tanamkan Nilai Kejuangan

Gerakan Pramuka harus menanamkan nilai-nilai kejuangan para pahlawan. Selain itu, rasa nasionalisme harus terus dipupuk mulai dari kecil hingga dewasa nanti.

Hal itu disampaikan Ketua Majelis Pembina Kwartir Ranting (Kamabiran) Pramuka Mrebet yang juga Camat Mrebet, Sadono saat membuka lomba gerak jalan dalam rangka peringatan HUT ke-57 Pramuka ke-57 dan HUT ke-73 RI yang digelar Kwartir Ranting (Kwarran) 03-07 Mrebet di lapangan Desa Cipaku, Kecamatan Mrebet, Selasa (14 Agustus 2018).

“Seperti gerak jalan ini, kita meneladani para pahlawan dalam berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Mereka bergerilya, berjalan kaki menembus hutan,” katanya.

Ketua Harian Mabiran, Budi Santoso didampingi Ketua Kwarran Mrebet, Taryono mengatakan, lomba gerak jalan tersebut bertujuan memupuk rasa kedisiplinan, persatuan, kesatuan, patriotisme, mandiri, integritas, religius, nasionalisme dan gotong-royong para anggota Pramuka.

“Bagi siswa, gerak jalan ini tidak lepas dari sistem pembelajaran berbasis Kurikulum 2013. Ada sinergi di dalamnya,” katanya.

Gerak jalan diikuti oleh 1.300 peserta dari seluruh pangkalan Pramuka di SD, SMP, MA sederajat di wilayah Kecamatan Mrebet. Masing-masing peserta tingkat SD 94 regu, SMP/MTs 12 regu dan SMK/MA 6 regu putra putri. Mereka menempuh jarak 5 kilometer untuk SD dan 6 kilometer untuk SMP-SMK. Mereka dinilai dari segi keseragaman, kekompakan, kerapihan, semangat dan keutuhan barisan.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!