PPA Gasda Bangun Kemitraan dengan Pemdes Sirau

By: On: Dibaca: dibaca 93.56Rbx
PPA Gasda Bangun Kemitraan dengan Pemdes Sirau

Baksos PPA Gasda (1)

Kembangkan Potensi Desa Sirau,

Perhimpunan Pegiat Alam Ganesha Muda (PPA Gasda) Purbalingga bersepakat membangun kemitraan bersama dengan warga dan Pemerintah Desa Sirau, Kecamatan Karangmoncol. Kemitraan ini dilaksanakan dengan tujuan mengoptimalkan potensi Desa Sirau.

Kemitraan yang dilaksanakan di antaranya, pengembangan sistem informasi desa, pengembangan potensi wisata alam dan pembangunan sentra ekonomi pertanian yang khas Sirau. Selain itu, juga pengembangan Desa Tangguh Bencana, Bank Darah atau pendataan golongan darah di Sirau.

“Dengan adanya Bank Darah, saat ada warga yang membutuhkan tiinggal menghubungi warga lainnya tanpa harus mencari di PMI yang letaknya jauh,” kata Dewan Pengawas PPA Gasda, Taufik Katamso, Senin 1 Juni 2015.

Taufik menjelaskan, kemitraan itu dibangun setelah PPA Gasda diskusi dengan warga dan Pemdes Sirau, akhir Mei 2015. Dalam pertemuan itu banyak dibahas soal potensi desa khususnya di sektor ekonomi dan pariwisata serta juga dibahas eksistensi Wong Alas atau Suku Pijajaran.

Selain diskusi, mengawali kerjasama itu, PPA Gasda sudah menggelar pengobatan gratis di Balai Desa Sirau, Minggu 31 Mei 2015. Kegiatan sosial yang bekerjasama dengan Wapalapu, Chrisda Pala, Bharega SMAN 1 Purbalingga, Tirta Seta Kayak Community, Apotik Saras Kalikajar dan Nusa Rental Mobil , diramaikan juga dengan pentas kuda lumping dari desa setempat.

Ada sekitar 170 pasien yang umumnya warga lanjut usia yang ikut pengecekan kesehatan. “Kegiatan ini sebagai bentuk komitmen PPA Gasda untuk meningkatkan pengabdian masyarakat,” kata Angkatan 18 Gasda, dr Maulana Lutfi

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!