Polres Brebes Andalkan Aplikasi Mandalungan

By: On: Dibaca: 66,937x
Polres Brebes Andalkan Aplikasi Mandalungan

Seluruh personel Polres Brebes siap menjadi polisi yang Promoter (profesional, modern dan terpercaya) sebagai bentuk peningkatan pelayanan publik yang lebih mudah bagi masyarakat dan berbasis TI.

Kapolres Brebes, AKBP Aris Supriyono mengungkapkan, untuk memberikan pelayanan lebih cepat, mudah dan efisien kepada, Polres Brebes bekerjasama dengan Pemkab Brebes meluncurkan aplikasi berbasis android bernama Mandalungan. Aplikasi ini dapat diunduh masyarakat Kabupaten Brebes melalui playstore di layanan android pada smartphone atau komputer.

“Silahkan unduh aplikasi Mandalungan di playstore. Tinggal klik masyarakat bisa menikmati berbagai layanan sesuai kebutuhan di masing – masing bidang. Jadi di dalam aplikasi Mandalungan ini, terdapat kontak masing-masing layanan dapat mengirim Whatsapp secara langsung,” ungkapnya kepas cyber media lintas24.com Selasa (30 Juli 2019).

Beberapa fitur-fitur dalam aplikasi Mandulangun, di antaranya tombol emergency yang langsung terhubung ke – 110, tombol lapor pungli. “Ada 3 menu utama meliputi: Layanan Polres Brebes, Polsek Brebes, dan Pemda Brebes. Semua memiliki deskripsi dan terhubung langsung ke Whatsapp atau telepon personil sesuai bidangnya,” kata Kapolres.

Kemudian, tujuan utama aplikasi Mandalungan yang dibuat atas kerjasama Polres dan Pemda Brebes yakni, Aman Terkendali Layanan Untuk Panjenengan (Mandalungan).  “Untuk layanan Polres Brebes langsung terhubung ke Satuan Reserse Kriminal, Satuan Intelejen Keamanan, Satuan Lalu Lintas, Satuan Reserse Narkoba, Sie Propam, Satuan Pembina Masyarakat dan dan Dokkes,” jelasnya.

Dalam aplikasi Mandalungan itu, juga ada layanan yang langsung terhubung ke 17 Polsek di wilayah Brebes. “Ada juga layanan Pemda Brebes langsung terhubung benerapa instansi, seperti, Satpol PP, Damkar, Rumah sakit, Puskesmas, Penanggulangan Bencana dan dokter jaga 24 jam,” paparnya.

Perkenalkan Sistem Integrasi Criminal Justice System

Tak hanya mengenalkan aplikasi Mandalungan, Polres Brebes juga melaunching aplikasi Integrasi Criminal Justice System (ICJS). Aplikasi itu, terintegrasi dengan beberapa instansi yaitu Pemkab, Kejaksaan, Pengadilan dan Lapas Brebes.

“Tujuannya untuk ektevitas dan efisiensi penanganan perkara tindak pidana sekaligus control sistem antar lembaga,” kata Aris.

Sehingga dengan aplikasi ICJS ini juga merupakan sistem sinergitas satu pintu antara Polres Brebes, Kejaksaan Negeri, Pengadilan dan Lapas wilayah Brebes yang berbasis android. “Sampai saat ini, aplikasi Mandalungan atau ICJS ini merupakan yang pertama di Indonesia. Ini terobosan kreatif dalam rangka meningkatkan layanan kepada masyarakat,” pungkasnya.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!