PNS Harus Segera Tinggalkan Gmail dan Yahoo

By: On: Dibaca: dibaca 7.96Rbx
PNS Harus Segera Tinggalkan Gmail dan Yahoo
ilustrasi_upacara hari korpri

Cyber Media Lintas24.com-Untuk memenuhi kebutuhan layanan email resmi pemerintah tersebut, Dirjen Aplikasi Informatika menyediakan layanan email pemerintah yang terpercaya yaitu mail.go.id.

Layanan mail.go.id merupakan pengembangan dari layanan pnsmail.go.id yang telah digunakan oleh lebih dari 93.000 pengguna PNS. Layanan ini merupakan layanan email khusus pemerintah.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengungkapkan, layanan ini dapat menggantikan email PNS yang saat ini sebagian masih menggunakan email gratis asing. Penggunaan email asing dapat merugikan pemerintah karena merupakan salah satu sumber kebocoran informasi pemerintah.

“Kebijakan ini dirasa lebih aman untuk menangkal kejahatan dunia maya. Mari saya mengajakseluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menggunakan layanan email yang dibuat oleh pemerintah,”tegas Rudiantara saat meluncurkan mail.go.id sebagai layanan email untuk ASN di Gedung Kemenkominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (11 Desember 2017)

Selain itu, kata pria yang biasa disapa Chief RA ini, menggunakan akun Yahoo maupun Gmail bisa memakan bandwidth international. Hindari semaksimal mungkin menggunakan akun gratis seperti Gmail dan Yahoo.

“Jadi, itu ongkos bagi industri. Nah, itu bagi negara devisa keluar sebenarnya,” terangnya.

Awareness penggunaan email pemerintah yang aman ini perlu ditingkatkan, mengingat semakin banyak koordinasi dan pertukaran dokumen melalui email. Masih banyak pegawai negeri sipil yang tidak menyadari pentingnya informasi dan dokumen pemerintah yang dikelolanya sehingga tidak tahu bahwa menggunakan email gratis tersebut telah membuka informasi penting tersebut.

Pada 2013, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 03 tahun 2013 tentang penggunaan alamat email resmi pemerintah pada instansi pemerintah. Kewajiban ini perlu terus di dorong sehingga percepatan seluruh PNS menggunakan email pemerintah dapat terealisasi pada 2019.

Pemerintah akan terus mendorong semua instansi pemerintah untuk menggunakan email pemerintah dengan bekerja sama dengan Menpan, Badan Kepegawaian Nasional, dan seluruh Kementerian. Di sisi lain, layanan mail.go.id juga akan ditingkatkan terus sehingga layanan ini dapat diandalkan oleh semua instansi pemerintah.(dian mulyawati)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!