Plt Bupati Tiwi Apresiasi Pemuda Pelopor Purbalingga

By: On: Dibaca: 165,061x
Plt Bupati Tiwi Apresiasi Pemuda Pelopor Purbalingga

 

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon (Tiwi) memberi apresiasi kepada para pemenang lomba Pemuda Pelopor Kabupaten Purbalingga 2018. Mereka mendapatkan apresiasi, uang pembinaan, piagam serta piala atas raihan prestasi pada lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga ini.

Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi itu adalah Dona Wahyu De Fretes dan Nofi Bayu Darmawan. Dona sendiri merupakan pencetus lahirnya Kampung Warna yang berada di Kecamatan Bobotsari tepatnya di Dusun Kampung Baru, Jalan Pemuda Rt 01/Rw 08 Desa Bobotsari Kecamatan Bobotsari. Kemudian Nofi Bayu Darmawan merupakan warga asli Desa Tunjungmuli, Kecamatan Karangmoncol yang merintis Kampung Marketer Bisnis Internet di desanya.

“Keduanya dinyatakan sebagai Pemuda Terbaik I di tingkat Provinsi pada masing-masing bidang setelah melalui proses fact finding Juli lalu. Hasilnya, keduanya akan kembali berkompetisi dengan provinsi lainnya di tingkat nasional,’ungkapnya.

Selain mereka, ada juga yang berhasil meraih juara di tingkat kabupaten. Di bidang pendidikan ada Sareh Siswo Setyo Widodo yang telah mengedukasi masyarakat Desa Bedagas untuk belajar bahasa Arab dan Inggris. Kemudian, Anisa Utaminingtyas dari Desa Langkap, Kertanegara.

Bidang Sosbud Pariwisata, selain Dona juga ada Ragil Tri Atmojo Desa yang nguri-uri budaya sanggar karawitan di Desa Tlahab Kidul. Ani Susiningtias tokoh pengendang perempuan dari Desa Gumiwang Kejobong. Barep Maulana Marhan peolpor bank sampah dari Desa Babakan.

Bidang Pangan, Dewi Kurniati berinovasi membuat cake tape dan keripik kulit singkong dari Desa Penolih.  Noli Pranowo pelopor dalam hal pembibitan ikan lele dan budidaya bawang merah dari Desa Wanogara Wetan. Miftahurrahman berinovasi pakan ikan dan ternak dari Desa Rabak. Nikmatuloh berinovasi membuat minuman serbuk jahe kapolaga dari Desa Sanguwatang.

Plt Bupati Tiwi pada kesempatan ini mengucapkan selamat kepada yang memenangkan Lomba Pemuda Pelopor tingkat Kabupaten maupun provinsi ini. Ia berharap agar ilmu yang ia dapat bisa dikembangkan ditularkan kepada rekannya yang lain untuk memajukan desanya.

“Saya harap ini bisa menjadi trigger (pemicu) semangat pemuda-pemuda yang lain untuk berkreasi, berinovasi. Kami memohon juga doa dari masyarakat Purbalingga agar mbak Dona dan mas Nofi bisa  berhasil dalam kompetisi Pemuda Pelopor di tingkat Nasional,” katanya.

Plt Bupati Tiwi juga mengaprsiasi karya-karya mereka dan terkagum ternyata banyak generasi muda di Purbalingga yang memiliki ide out of the box namun selama ini belum diketahui dan terakomodir oleh Pemkab Purbalingga. Ia berkomitmen agar karya-karya mereka bisa dikomunikasikan ke dinas terkait untuk lebih dikembangkan.

“Karya mereka perlu dipaparkan kepada kami termasuk Bapelitbangda, termauk juga ke dinasterkait untuk difasilitasi agar berkembang,” katanya.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!