by

Pjs Bupati Purbalingga Sarwa Pramana: Santri Sehat, Indonesia Kuat. Pesantren Mampu Menangangi Dampak Pandemi Covid-19

-Daerah, Update-dibaca 5.49Rb kali | Dibagikan 14 Kali

Saat ini telah banyak Pondok Pesantren (Ponpes) yang melakukan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan dampak pandemi covid-19. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa Ponpes mempunyai kemampuan di tengah berbagai keterbatasan fasilitas yang dimiliki.

“Modal utama Ponpes berupa tradisi kedisiplinan, keteladanan, dan sikap kehati-hatian yang telah diajarkan oleh para kyai dan pimpinan Ponpes. Jika santri dan keluarga besar pesantren sehat dan dapat melewati pandemi covid-19 dengan baik, maka negara kita akan sehat dan kuat,” kata Pjs Bupati Purbalingga Sarwa Pramana saat membacakan sambutan Menteri Agama RI Fachrul Razi dalam upacara peringatan Hari Santri kelima di halaman Pendopo Dipokusumo Purbalingga, Kamis (22 Oktober 2020)

Ia mengatakan, peringatan hari Santri Tahun 2020 memilih tema “Santri Sehat, Indonesia Kuat” Hal ini mengkait adanya pandemi covid-19 yang sedang melanda dunia. Isu kesehatan diangkat berdasarkan fakta bahwa dunia internasional tidak terkecuali Indonesia saat ini tengah dilanda pandemi global covid-19.

“Tema yang telah terpilih adalah sebuah bentuk jawaban dari komitmen bersama dalam mendorong kemandirian dan ‘kekhasan’ Ponpes,’ ungkapnya.

Dalam upacara tersebut juga dibacakan ikrar santri antara lain ikrar untuk berpegang teguh pada aqidah, ajaran, nilai, dan tradisi Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah. Juga ikrar santri untuk menjunjung tinggi Ideologi Pancasila, Kebhinekaan,  dan peran aktif santri dalam menjaga keutuhan NKRI dan pembangunan nasional.

Usai upacara, dilakukan pemotongan tumpeng oleh Ketua DPRD Kabupaten Purbalingga, Bambang Irawan diberikan kepada Kepala Kemenag Kabupaten Purbalingga, Karsono, Peserta upacara melanjutkan acara makan bakso bersama.

 

 

Comment

Berita Lainnya