by

Pjs Bupati Purbalingga Sarwa Pramana: Jika Anggaran Kurang Atasi Covid-19, Bisa ke Pemrpov atau Pusat

-Daerah, Update-dibaca 16.66Rb kali | Dibagikan 20 Kali

Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Purbalingga Sarwa Pramana meminta peningkatan tes melalui 3T (test, trace, treat) untuk meredam penyebaran Covid-19. Sesuai dengan dengan aturan WHO yaitu 1 tes per 1.000 penduduk.

“Jika anggaran tak mencukupi akan kami mintakan ke (Pemerintah) provinsi (Jawa Tengah) atau pun (pemerintah) pusat. Yang terpenting adalah bagimana kasus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Purbalingga bisa ditekan,” katanya kepada siber media lintas24.com, Senin (05 Oktober 2020).

Berdasarkan data terbaru Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purbalingga ditemukan empat kasus positif Covid-19 baru. Selain itu, juga ditemukan ada empat kasus positif yang dinyatakan sembuh atau negatif Covid-19.

Total kasus positif di Kabupaten Purbalingga melonjak menjadi 177 kasus. Sebanyak 134 kasus diantaranya sudah dinyatakan sembuh. Pasien positif yang masih dirawat di rumah sakit berjumlah 41 pasien. Sedangkan, yang dinyatakan meninggal dunia berjumlah 2 orang.

Kepala Dinkes Kabupaten Purbalingga drg Hanung Wikantono mengatakan, pihaknya terus memperluas tracing kasus positif Covid-19.

“Jika hasil swab test dari kontak erat ditemukan kasus positif. Maka, tracing akan terus diperluas. Sehingga, penyebaran kasus positif bisa ditekan,” katanya, Jumat (2/10).

Dia mengakui, lonjakan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Purbalingga karena semakin diperluasnya tracing kasus positif. Penambahan kasus positif virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok ini, didominasi oleh tracing kontak erat.

Dia menambahkan, saat ini, pihaknya masih menunggu hasil swab test massal tracing kasus positif Covid-19, yang dilaksanakan, Selasa (29 September 2020) hingga Kamis (1 Oktober 2020).

“Setelah diketahui ada temuan kasus positif baru dari tracing kontak erat tersebut. Kami akan memperluas swab test kepada kontak erat dari tracing kontak erat kasus positif Hal itu, dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Purbalingga, yang terus ditemukan kasus positif setiap har,” katanya.

Baca Juga:  Pjs Bupati Purbalingga, Sarwa Pramana Gelar Media Gathering Bersama Wartawan Purbalingga

Comment

Berita Lainnya