by

Pilkada Purbalingga, 743.546 Orang Siap Memilih di 2.129 Tempat Pemungutan Suara

-Politik, Update-dibaca 5.88Rb kali | Dibagikan 19 Kali

Sebanyak 743.546 orang di Kabupaten Purbalingga siap menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020 mendatang. Mereka terdiri terdiri dari 373.810 orang laki-laki dan 369.736 orang perempuan

“743.546 orang sudah masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT). Nantinya mereka akan menggunakan hak pilihnya di 2.129 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 239 Desa/Kelurahan,” ungkap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga, Eko Setiawan dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan DPT, di kantor KPU setempat, Rabu (14 Oktober 2020).

Ia merinci, kronologis penetapan DPT h merupakan proses panjang, dari bahan DPS, menjadi DPS, dan pemutakhiran data pemilih yg di lakukan oleh KPU dan jajarannya. Kendati demikian data kependudukan sifatnya dinamis, sehingga berbicara angka DPT yang paling valid adalah hari ini. Dalam uji publik DPS, yg dilaksanakan pada 21 September 2020, selanjutnya dilakukan pemutakhiran data pemilih oleh KPU Purbalingga dan jajaranya.

“Terdapat masukan dari berbagai elemen masyarakat, juga Bawaslu. Dimana dalam tahapan ini ada perubahan, baik dari pemilih baru, pemilih TMS, dan perbaikan elemen data pemilih,” ungkapnya.

Pihaknya juga memberian apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh PPK, PPS, PPDP, dan seluruh stekholder yang sudah membantu penyusunan daftar pemilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga 2020, segingga DPT menjadi mutakhir, akurat, dan komprehensif.

Hadir dalam rapat pleno, Ketua KPU Purbalingga beserta anggota, Bawaslu Purbalingga, Kepala Dinas kependudukan catatan sipil Faturakhman, perwakilan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan perwakilan dari masing-masing Pasangan Calon (Paslon) bupati dan wabup

Comment

Berita Lainnya