Pilkada Purbalingga 2020 Bakal Telan Anggaran Rp 45 Miliar

By: On: Dibaca: dibaca 5.19Rbx
Pilkada Purbalingga 2020 Bakal Telan Anggaran Rp 45 Miliar

Baca juga: Bawaslu Purbalingga Perlu Anggaran Rp14 Miliar Untuk Pilkada 2020

Baca juga: Bawaslu Purbalingga Gelap Satu tahun. Anggaran Pilkada Menyesuaikan Kemampuan Keuangan Daerah

Baca juga: Ketua DPC PKB Kebumen Gus Miftah Siap Berjuang di Pilkada 2020

Terkait akan adanya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga mengalokasikan anggaran sebesar Rp 45 miliar untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020.

Hal itu diungkapkan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM saat menjawab pandangan umum Fraksi PDIP pada Rapat Paripurna DPRD, Rabu (6 Nopember 2019).

Baca juga: Ingin Maju Di Pilkada Purbalingga 2020. Calon Perseorangan Hanya Perlu Dukungan 56.415 Orang

Baca juga: PKB dan Partai Gerindra Purbalingga Siap Luncurkan “Bupati Lanang” di Pemilu 2020

“Total kebutuhan anggaran Pilkada sebesar Rp 45 milyar,” kata Bupati dalam Rapat Paripurna DPRD acara Jawaban Bupati atas Pandangan Umum Fraksi Terhadap RAPBD 2020 dan 4 Raperda.

Bupati merinci, anggaran tersebut terdiri dari penyelenggaraan Pilkada oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) sebesar Rp 30,15 milyar dari usulan sebesar Rp 42,3 milyar. Pengawasan pelaksanaan Pilkada oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten  sebesar Rp 9.68 milyar dari usulan sebesar Rp16 milyar; pengamanan Pilkada oleh Kepolisian dan sosialisasi oleh stakeholders terkait sebesar Rp 5 milyar.

“Usulan ini sudah dirasionalisasikan dan disepakati bersama antara penyelenggara pemilu dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD),” katanya.

Sekaligus menjawab pertanyaan dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, alokasi khusus untuk penyelenggaraan Pilkada ini menggunakan pos Belanja Hibah. Hal itu menyebabkan pos tersebut mengalami kenaikan yang cukup besar.

Fraksi PKB juga menyoroti terkait kenaikan pos Belanja Bantuan Keuangan sebesar Rp 29 miliar. Bupati menjawab, sebagian besar diakibatkan karena naiknya Alokasi Dana Desa dari pemerintah pusat sebesar Rp 10,87 miliar dan konsekuensi dari kebijakan pemerintah tentang Penghasilan Tetap Perangkat Desa yang membutuhkan tambahan anggaran sebesar Rp 14,72  miliar.

“Seperti yang diketahui, tahun 2020 juga akan diselenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di beberapa desa. Sehingga pada Belanja Bantuan Keuangan ini kita alokasikan dan bantuan pelaksanaan Pilkades sebesar Rp 1,12 miliar,” katanya

 

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!