Menu
Media Online Terpercaya

Pilah Sampah Dari Rumah, Bantu Bangkitkan Ekonomi Bangsa | Nurul Farida Tunnajach

  • Share

Pandemi, sebagai akibat cepatnya  persebaran Coronavirus Disease (Covid-19) di dunia, memberikan dampak di berbagai negara termasuk Indonesia. Dampak yang muncul dalam berbagai bidang menjadi beban tambahan bagi negara.

Baca Juga: Saat Pandemi Covid-19. Bank Sampah Desa Muntang Purbalingga Tetap Beroperasi

Sejak diumumkannya kasus Covid-19 pertama di Indonesia pada tanggal 2 Maret 2020, kasus positif yang tercatat di Indonesia semakin meningkat. Sebesar 1,22 juta kasus positif telah tercatat pada 14 Februari 2021.[1] Selama 11 bulan pandemi Covid di Indonesia, berbagai cara telah dilakukan untuk menekan penyebarannya di wilayah Indonesia.

Baca Juga: BKM Citra Mandiri Kalikabong Olah Sampah 3R

Program Jogo Tonggo di Jawa Tengah atau lebih dikenal dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), menjadi salah satu cara yang ditempuh pemerintah dalam menekan penyebaran Covid di Indonesia. Program ini akan berhasil ketika masyarakat turut serta dalam menyukseskannya. Namun disisi lain, kesuksesan program ini menimbulkan masalah lain sebagai efek samping program yang harus turut diperhatikan.

Baca Juga: Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi Serahkan Kendaraan Roda Tiga  Untuk Bank Sampah Bestari

Selama pandemi, para petugas kebersihan merasakan kewalahan dalam menangani sampah. Sampah telah menjadi masalah sejak dulu, namun kadang menjadi kompleks. Sebenarnya apakah pengertian dari sampah? Jadi, menurut KBBI sampah adalah barang atau benda yang dibuang karena tidak terpakai lagi dan sebagainya; kotoran seperti daun, kertas. [2]

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *