by

Peserta Didik Baru Jenjang SMP di Purbalingga yang Diterima Tidak Ditarik Biaya Saat Daftar Ulang

-Pendidikan, Update-dibaca 2.44Rb kali | Dibagikan 54 Kali

Setelah mengikuti seleksi pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2020/2021 untuk jenjang SMP Negeri di Kabupaten Purbalingga. Calon peserta didik yang diterima tak perlu membayar saat melakukan pendaftaran ulang.

“Orang tua calon peserta didik tidak bayar saat pendaftaran ulang. Cukup membawa berkas-berkas  seperti Surat Keterangan Lulus, Kartu Keluarga, akta kelahiran, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Program Keluarga Harapan atau sejenisnya dan piagam-piagam penghargaan,” tutur Kepala SMP Negeri 1 Purbalingga, Runtut Pramono kepada media siber lintas24.com, Senin (6 Juli 2020)

Ia menjelaskan, calon peserta didik yang diterima diperbolehkan memilih untuk mendapatkan seragam di koperasi sekolah atau ditoko yang menjual baju atau kain seragam.

“Silakan, orang tua calon peserta didik bisa memilih mendapatkan baju seragam di koperasi sekolah dan atau ditoko yang menjual baju atau kain seragam,” tegasnya.

Ia menambahkan, untuk pengumuman penerimaan akan dilaksanakan secara online melalui situs ppdbpurbalinggakab.id. Orang tua calon peserta didik harus memantau perkembangnya.

“Pengumumannya besok Selasa (7 Juli 2020) dan untuk pendaftaran ulang dilaksanakan Rabu-Kamis, (8-9 Juli 2020). Hal ini merujuk Peraturan Kepala  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Purbalingga tentang Ralat Juknis PPDB Jenjang SMP TP 2020/2021,” ungkapnya

Hal senada juga disampaikan, Kepala SMP Negeri 2 Purbalingga, Titik Widajati. Dikatakan, tidak ada pembayaran saat mendaftar ulang di SMP Negeri 2 Purbalingga. Pihaknya juga menyerahkan pilihan kepada orang tua untuk mendapatkan baju seragam di koperasi sekolah dan atau ditoko yang menjual baju atau kain seragam.

“SMP Negeri 2 Purbalingga menyerahkan pilihan kepada orang tua. Boleh mendapatkan di koperasi sekolah, boleh juga mendapatkan diluar,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, untuk pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka belum akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Tanggal 13 Juli 2020 merupakan awal tahun pelajaran 2020/2021, belum ada KBM tatap muka. Masih kita susun rencana pembelajarannya. Kita menunggu petunjuk dari Kepala Dindikbud Purbalingga,” ungkapnya

Kepala Bidang Pembinaan SMP pada Dindikbud Purbalingga, Joko Sumarno menuturkan, untuk pelaksanaan PPDB online jenjang SMP secara keseluruhan lancar. Walaupun kemarin sempat terjadi pelambatan untuk pendaftaran siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan perbaikan titik koordinat karena tidak sesuai dengan tempat tinggal siswa.

“Sehingga mengakibatkan pergeseran waktu, mundur dari rencana semula. Pengumumannya yang direncanakan tanggal 6 Juli 2020 bergeser menjadi 7 Juli 2020 dan untuk pendaftaran ulang direncanakan 7-8 Juli 2020 bergeser menjadi 8-9 Juli 2020. Semuanya bisa diatasi. Secara keseluruhan PPDB online tahun ini lancar,” ungkapnya

Untuk diketahui, PPDB online jenjang SMP berlaku untuk 54 SMP Negeri di Purbalingga.Proses pendaftaran online dilakukan melalui situs ppdbpurbalinggakab.id. Di situs tersebut, calon peserta didik dapat melihat teknis pendaftaran dan daya tampung sekolah.

PPDB online merupakan sistem yang dirancang untuk mengelola pendaftaran peserta didik siswa baru jenjang SMP mulai dari proses pendaftaran, seleksi, hingga pengumuman hasil dilakukan secara online.

Untuk jalur PPDB telah disediakan empat jalur sesuai peraturan yang ada. Untuk jalur zonasi disediakan 50% dari kuota PPDB, kemudian 15% untuk jalur afirmasi yang khusus diperuntukkan bagi peserta didik berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu, jalur perpindahan tugas orang tua 5% dan jalur prestasi 30%.

 

 

Comment

Berita Lainnya