by

Pesawat N250 Gatotkaca Karya BJ Habibie Bakal di Museumkan

-Teknologi, Update-dibaca 7.79Rb kali | Dibagikan 20 Kali

Pesawat terbang karya Bacharuddin Jusuf Habibie  (BJ Habibie) akan dijadikan koleksi oleh Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Lanud Adisutjipto, Yogyakarta

Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Adisutjipto Mayor Sus Ambar Rejiyati menuturkan rencananya kedatangan Pesawat N250 Gatotkaca akan diterima Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla). Sayangnya, mengingat situasi di Tanah Air masih pandemi Covid-19, akses masuk ke Muspusdirla akan dibatasi.

“Pesawat N250 Gatotkaca kira-kira datang Sabtu (22 Agustus 2020) pagi pukul 08.00 di museum. Namun, , prosesi kedatangan itu tidak bisa disaksikan langsung masyarakat umum. Penerimaan cuma bisa disaksikan pimpinan-pimpinan Lanud Adisutjipto dan para wartawan lewat protokol ketat. Itu akan disiarkan langsung dari Tim Dispenau, (masyarakat) bisa melihatnya secara streaming,” tuturnya  Jumat (21 Agustus 2020).

Seperti diketahui, Gatotkaca merupakan pesawat buatan asli Indonesia pertama yang merupakan rancangan almarhum BJ Habibie. Pada 1995, pesawat itu sempat menggegerkan dunia karena kecanggihan teknologinya.

Perjalanan Gatotkaca dari Bandung menuju Yogyakarta tidak dilakukan melalui perjalanan udara. Gatotkaca, akan menempuh perjalanan darat dari Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara menuju Muspusdirla Lanud Adisutjipto.

 

 

Comment

Berita Lainnya