by

Pertamina dan Yayasan Arsakusuma Bantu Masyarakat Terdampak Bencana Alam di Purbalingga

-Daerah, Update-dibaca 13.74Rb kali | Dibagikan 111 Kali

Yayasan Arsakusuma Purbalingga menyelenggarakan bakti sosial (baksos) di lokasi bencana alam tanah bergerak Dusun Pagersari Desa Tumanggal Kecamatan Pengadegan dan Desa Sidanegara Kecamatan Kaligondang.

Baca Juga : Yayasan Arsakusuma Gelar Baksos Bhakti Lelulur Untuk Negeri

Baca Juga : Budi Setiawan Ketua KONI 2018-2022

Diawal tahun 2021 ini, Yayasan Arsakusuma dipercaya untuk menyalurkan bantuan 1.250 paket sembako total sebesar Rp.100 juta yang berasal dari Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Pertamina RU IV untuk para pengungsi korban bencana alam di Kabupaten Purbalingga.

Baca Juga: Pergerakan Tanah Lempung Berpasir  Pemicu Bencana Tanah Bergerak di Dusun Pagersari, Tumanggal Pengadegan, Purbalingga

Baca Juga: Anak-anak Pengungsi Tanah Gerak Pagersari Tumanggal Tetap Semangat Mengaji

Baca Juga: Relokasi dan Renovasi Akibat Tanah Bergerak Desa Tumanggal Purbalingga Tunggu Hasil Mitigasi Tim Ahli

Ketua Yayasan Arsakusuma, R. Budi Setiawan menuturkan, kegiatan baksos ini sudah menjadi agenda tetap Yayasan Arsakusuma. Diawal tahun 2021 ini, pihaknya mengadakan baksos dengan sasaran masyarakat terdampak bencana alam tanah bergerak.

Baca Juga: Kwarcab Purbalingga Gelar Trauma Healing dan Bagikan Masker di Lokasi Bencana Alam Tanah Bergerak Dusun Pagersari

“Diawal tahun 2021 ini, kami menyalurkan bantuan untuk saudara-saudara kita yang tertimpa bencana alam tanah bergerak. Tadi sudah diterima di Posko Pramuka dan Tagana di Desa Tumanggal dan Posko Pramuka Peduli di Desa Sidanegara untuk saudara-saudara kita di Desa Arenan, Slinga, Pagerandong, dan Sidanegara. Besok kami bergerak ke daerah lain. Semoga saudara-saudara kita semua terbantu dan bisa meringankan beban ditengah pandemi seperti ini,” ungkap R. Budi Setiawan kepada media siber lintas24.com dan tabloid elemen, Jumat (1 Januari 2020).

Baca Juga:  Imam Nahrawi Diduga Mengalirkan Uang ke Pihak Lain

Baca Juga: Pramuli Kwarcab Purbalingga Resmi Dirikan Posko Siaga Tanggap Bencana di Desa Sidanegara

Baca Juga: Pramuka Purbalingga Harus Jago Meracik Nasbung di Dapur Umum

Baca Juga: Kwarcab Purbalingga Pertebal Personil Bantuan di Lokasi Bencana Alam Tanah Bergerak di Dusun Pagersari

Kepala Desa Tumanggal, Surati mengapresiasi kegiatan baksos yang dilaksanakan oleh Yayasan Arsakusuma.

“Kami atas nama Pemerintah Desa menyampaikan terima kasih atas bantuan ini. Disini ada 704 jiwa yang terdampak. Masyarakat kami sangat terbantu dengan paket sembako yang diterima. Sekali lagi terima kasih. Semoga dicatat menjadi amal ibadah keluarga besar Yayasan Arsakusuma,” ungkapnya

Hal senada diungkapkan Sutarko, Kepala Posko Pramuka Peduli di Desa Sidanegara. Dikatakan, bantuan ini sangat membantu meringankan beban kebutuhan makan sehari-hari masyarakat terdampak.

“Ada 82 jiwa yang terdampak. Mereka mengungsi dirumah-rumah tetangganya. Posko ini berfungsi sebagai penyalur bantuan. Misalnya, ada yang menyumbang beras, maka kami langsung salurkan. Kami tidak membuka dapur umum,” ungkapnya

Untuk diketahui, tanah bergerak di Dusun Pagersari Desa Tumanggal Kecamatan Pengadegan terjadi pada Kamis pagi (3 Desember 2020) dan tanah bergerak di Desa Sidanegara Kecamatan Kaligondang terjadi Sabtu (12 Desember 2020). Bencana alam di kedua desa itu dipicu hujan deras.

Comment

Berita Lainnya