by

Perlu Diwaspadai 8 Titik Kerumunan Saat Libur Panjang

-Peristiwa, Update-dibaca 3.57Rb kali | Dibagikan 17 Kali

Satgas Penanganan  Covid-19 mengingatkan pada masyarakat agar sebisa mungkin berada di rumah dalam libur panjang pada 28 Oktober 2020 hingga 1 November 2020 mendatang.

Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi, Dewi Nur Aisyah menuturkan, belajar dari pengalaman libur panjang sebelumnya, jumlah kasus positif  Covid-19 nasional mengalami pertambahan yang signifikan usai liburan panjang lebaran dan Hari Kemerdekaan beberapa waktu lalu.

“Selain itu, terjadi kenaikan absolut pada Positivity Rate atau hasil tes positif sampai 3,9% dalam kurun waktu dua minggu di tingkat nasional,” ungkapnya.

Dia mengatakan, libur panjang berpotensi meningkatkan mobilitas warga yang bisa menyebabkan potensi kerumunan. Hal yang ini menjadi berbahaya ketika dalam kerumunan tersebut, warga tidak menerapkan protokol kesehatan sehingga bisa meningkatkan penularan.

“Kami tidak melarang masyarakat untuk mengikuti acara tersebut asalkan patuh menerapkan protokol kesehatan 3M; memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan menggunakan sabun,” pesannya.

Delapan tempat yang harus diwaspadai sebagai titik-titik kerumunan saat libur panjang

  1. Tempat wisata
  2. Tempat ibadah kegiatan keagamaan
  3. Kegiatan kampanye pilkada yang menundang kerumunan
  4. Kunjungan keluarga atau kerabat
  5. Pusat perbelanjaan
  6. Pasar tradisional
  7. Transportasi umum seperti stasiun, terminal, bandara, jalan tol
  8. Kerumunan karena bencana alam
Baca Juga:  Pasca Terbakar, 59 pedagang pasar Rujang Tunjungmuli Tempati  Shelter

Comment

Berita Lainnya