by

Perjuangan Koalisi Pelangi Terhenti. Partai Gerindra Purbalingga Siapkan Dua Opsi, Bergabung Tiwi-Dono atau Buat Poros Baru

Perjuangan koalisi besar enam partai politik (parpol) atau lazim disebut koalisi pelangi untuk mengusung pasangan Calon Bupati  (cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Purbalingga tahun ini dipastikan terhenti.

Pasalnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah memasangkan Muhamammad Zulhan Fauzi (Oji) sebagai calon bupati  bersanding dengan Zaini Makarim (Jeni) dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebagai calon wakil bupati untuk Pilkada 9 Desember 2020 medatang.

“Iya, perjuangan koalisi pelangi dipastikan terhenti. Istilahnya pecah juga boleh. Padahal, kali pertama, PKB dan Partai Gerindra yang menggagas koalisi ini. Saya dan Pak Slamet menjadi pencetus gagasan ini. Dua partai ini menjadi lokomotif gerbong koalisi besar ini,” ungkap Ketua DPC Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kabupaten Purbalingga, Adi Yuwono kepada cyber media lintas24.com, Kamis (11 Juni 2020).

Ia mengaku kecewa dengan penunjukan Jeni sebagai calon wakil bupati mendampingi Oji.

“Ini menyalahi komitmen kita. Jeni itu tidak mendaftar melalui koalisi pelangi, mengapa tiba-tiba dipasangkan dengan Oji yang sudah dipersiapkan menjadi calon bupati dari koalisi pelangi,” imbuhnya

Ia menegaskan, Partai Gerindra dipastikan tidak akan bergabung dengan PKB dan PPP untuk  mengusung pasangan calon Oji dan Jeni di Pilkada ini.

“Ada dua opsi yang akan lakukan. Pertama, Partai Gerindra akan bergabung dengan PDI Perjuangan dan Partai Golkar untuk mendukung pasangan Dyah Hayuning Pratiwi–Sudono (Tiwi-Dono). Opsi kedua, kita akan membuat poros sendiri untuk mengusung pasangan,” ungkapnya

Seperti diberitakan cyber media lintas24.com. Beredar foto Muhamammad Zulhan Fauzi (Oji) dan Zaini Makarim (Jeni) duduk bersama para ketua partai di media sosial. Dikabarkan rekomendasi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sudah turun kepada Pasangan tersebut kemungkinan akan menjadi penantang pasangan Dyah Hayuning Pratiwi–Sudono (Tiwi-Dono) yang diusung koalisi PDIP dan Golkar.

Seperti diketahui Oji merupakan salah satu Bacabup yang mendaftar melalui PKB dan Koalisi Pelangi. Koalisi tersebut digagas oleh PKB bersama sejumlah parpol lain. Masing-masing Partai Gerindra, PAN, PKS, Nasdem, Hanura, Partai Demokrat dan Partai Berkarya.

Sedangkan Jeni sebelumnya melamar sebagai Bacawabup ke PDI Perjuangan. Namun adik kandung dari Ketua DPC PPP Purbalingga Nurul Hidayah Supriyati dan adik ipar dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tersebut tidak mendapatkan rekomendasi. DPP PDI Perjuangan memberikan rekomendasi kepada Tiwi-Dono.

Comment

Feed Berita