Peringati Hari Filateli Indonesia – SMP Negeri 2 Purbalingga Gelar Lomba Menulis Surat Pribadi Berprangko

By: On: Dibaca: dibaca 163.21Rbx
Peringati Hari Filateli Indonesia  – SMP Negeri 2 Purbalingga  Gelar Lomba Menulis Surat Pribadi Berprangko

 

Surat merupakan media komunikasi tertulis antara seseorang atau lembaga dengan seseorang atau lembaga lainnya. Sebagai media komunikasi tulis, surat memiliki kelebihan, yakni memberikan kesempatan yang lebih leluasa untuk berpikir dan merangkai hal-hal yang akan disampaikan kepada orang lain.

Hal tersebut diungkapkan Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 2 Purbalingga, Septiningsih usai memberikan hadiah kepada para pemenang lomba menulis surat pribadi berprangko untuk siswa dalam rangka Hari Filateli Indonesia, Jumat (24 Maret 2017).

Dikatakan Septi, sejalan dengan peringatan Hari Filateli Indonesia yang jatuh setiap tanggal 29 Maret, kegiatan ini digelar bertujuan mengenalkan prangko dan fungsinya kepada para siswa. Selain itu juga sebagai bagian dari materi pembelajaran Menulis Surat Pribadi.

“Lomba ini sekaligus sebagai pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 bagi siswa kelas VIII,”ungkap Septi.

Septi menambahkan, bahasa surat yang baik harus sesuai dengan kaidah, baik tentang ejaan, pemilihan kata, bentuk kata, maupun kalimatnya. Bahasa surat harus logis, wajar, hemat, cermat, sopan, dan menarik. Isi surat dinyatakan secara ringkas, jelas, dan eksplisit. Disusun dengan teknik

“Seyogyanya menggunakan bahasa baku, bahasa yang diakui benar menurut kaidah yang sudah dilazimkan. Penggunaan bahasa baku dapat membawa wibawa seseorang dan dipandang sebagai lambang status sosial yang tinggi,”tutur Septi

Diusahakan lanjut Septi, efektivitas surat berkenaan dengan pernyataan apakah informasi yang disampaikan melalui surat dapat diterima secara benar sesuai maksud pengirim surat, sedangkan efisiensi surat berkenaan dengan pernyataan apakah tanpa mengurangi maksud, surat tampil singkat, tidak terlalu panjang, kalimat tidak bertele-tele.

“Gunakan bahasa efektif, bahasa yang secara tepat dapat mencapai sasarannya. Ciri bahasa efektif adalah sederhana, wajar, ringkas, jelas, sopan, dan menarik,’ungkap Septi.

Sementara itu Kepala SMP Negeri 2 Purbalingga, Heru Prayitno mengapresiasi diselenggarakan lomba menulis surat. Heru menyakini, pengusaan penulisan surat oleh para murid, nantinya akan berguna untuk perjalanan hidupnya. Misalnya, untuk melamar pekerjaan.

“Pasti akan berguna, oleh karenanya murid diberi ilmu pengetahuan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia sesuai Kurikulum 2013,”ungkap Heru.

Heru menambahkan, para murid diharapkan dapat menguasai cara menulis surat yang baik dan mengerti bagian-bagian surat. Dalam penulisan surat perlu memperhatikan peletakan bagian-bagian surat dan cara penulisannya secara benar. Peletakan dan cara penulisan bagian-bagian surat mulai dari kepala surat sampai dengan tembusan sebaiknya memperhatikan kaidah-kaidah dalam ilmu korespondensi.

“Awalnya mungkin agak susah, makanya perlu keberanian mengawali untuk menulis,”ungkap Heru.

Menjadi penulis surat terfavorit, Asih Kusumawati kelas VIII E,. Hana Putri Nur Wigati VII H,dan Wardah Mauliddini Aisah VIII G, masing-masing mendapat tas sekolah.(mahendra yudhi krisnha)

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!