Menu
Media Online Terpercaya

Perda IMB Harus Diganti. Imbas Undang-undang Cipta Kerja

  • Share

Perda IMB Harus Diganti. Imbas Undang-undang Cipta Kerja

Undang-undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) mengharuskan aturan-aturan yang ada di daerah untuk segera diubah. Dalam pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) diubah menjadi Perda Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

Dengan dipercepatnya penyusunan Perda PBG dalam UU Ciptaker, persoalan yang dikeluhkan para pengembang properti akan terjawab karena selama ini para pengembang properti di daerah mengaku sulit untuk memperoleh izin.

“Sektor properti memegang peranan penting karena banyak dampak di dalamnya termasuk para pekerja atau kuli yang menggantungkan hidupnya dari kegiatan tersebut,” kata Plt. Dirjen Bangda Kemendagri RI, Sugeng Hariyono saat memberikan materi pada acara sosialisasi PBG yang diikuti secara virtual

Sugeng mengatakan, UU Ciptaker akan ada banyak benefit yang didapat jika Pemda mengubah Perda IMB menjadi PBG.

“Akan lebih mudah dalam melakukan pungutan retribusi sehingga bisa meningkatkan pendapatan daerah,” katanya.

Tercatat ada 10.581 ajuan di daerah yang belum mendapatkan izin mendirikan gedung. Hal ini disayangkan karena potensi yang bisa didapat belum bisa dioptimalkan. Daerah diberi waktu 2 tahun hingga bisa menyusun dan menetapkan Perda tentang PBG tersebut dan untuk sementara diberikan kesempatan untuk menggunakan Perda IMB yang sudah ada.

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.