Pengusaha di Purbalingga Boleh Ajukan Penangguhan UMK Ke Gubernur

By: On: Dibaca: dibaca 154.99Rbx
Pengusaha di Purbalingga Boleh Ajukan Penangguhan UMK Ke Gubernur

Besaran Upah Minimum Kabupaten (UMK) Purbalingga tahun 2020 menunggu ditetapkan melalui dengan surat keputusan (SK) Gubernur Jawa Tengah. Setelah SK itu turun, maka UMK tahun 2020 mulai berlaku per Januari 2020.

“Kembali diingatkan, jika sampai 20 Desember perusahaan/pengusaha bersangkutan belum mengajukan usulan penangguhan, maka dinilai siap menerapkan UMK tahun 2020,” kata Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Purbalingga, Mulyono

Ia menjelaskan, penangguhan UMK itu dibagi dalam penangguhan penuh atau penangguhan sebagian. Namun kedepan tetap harus ditunaikan sesuai UMK. Untuk perusahan dengan pekerja lebih dari 100 orang, maka harus disertakan audit internal perusahaan minimal selama dua tahun sebelumnya. Misalpun mengajukan penangguhan, maka perusahaan dimaksud akan diminta kewajiban atau hasil audit akuntan. Kemudian akan diketahui kemampuan perusahaan itu. Jika penangguhan diterapkan, maka kewajiban perusahaan memberikan UMK usai batas waktu penangguhan, tetap berlaku.

“Jadi penangguhan bukan berarti tidak wajib bayar upah sesuai UMK, namun hanya ditangguhkan sementara, hingga perusahaan itu mampu memenuhi UMK 2020. Rinciannya, jika menangguhkan UMK, antara lain ada data lampiran laporan hasil audit 2 tahun berturut- turut. Kesepakatan dari 50 persen jumlah karyawan untuk menerima gaji tersebut sesuai ketentuan,” tegas Mulyono.

Dirinya kembali menegaskan, ketika sudah dinilai sanggup, maka tak hanya UMK, namun struktur skala upah sudah ditandatangani pengusaha. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak UMK dan tidak sesuai struktur skala upah. Pihaknya berharap tahun 2020 mendatang tidak ada persoalan lagi dengan UMK.

“Tentunya harus terwujud peningkatan kesadaran perusahaan untuk memenuhi hak- hak pekerjanya. Hingga terwujud kesejahteraan pekerja di Kabupaten Purbalingga,” tuturnya.

 

 

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!