by

Pengurus Cabang PGRI Kecamatan Pengadegan Purbalingga Salurkan 260 Sak Semen untuk Korban Tanah Gerak di Dusun Pagersari Tumanggal

-Pendidikan, Update-dibaca 11.93Rb kali | Dibagikan 63 Kali

Pengurus Cabang Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga menyelenggarakan bhakti social untuk masyarakat Dusun Pagersari, Desa Tumanggal, Kecamatan Pengadegan.

Ketua Cabang PGRI Kecamatan Pengadegan, Yunianto menuturkan, bencana tanah bergerak melanda Dusun Pagersari, Desa Tumanggal, Purbalingga, Jawa Tengah, Kamis (3 Desember 2020). Akibat bencana tersebut, 185 rumah terdampak dan 85 rumah rusak berat.

“Oleh karena itu, kami dari PGRI Cabang Pengadegan membantu material semen sebanyak 260 sak untuk pembangunan kembali rumah-rumah yang rusak. Setidaknya ikut meringankan beban penderitaan masyarakat di Dusun Pagersari,” ungkapnya saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Kepala Desa Tumanggal Surati, di Balai Desa Trumanggal, Sabtu (12 Desember 2020)

Ia menambahkan, hal ini merupakan kepedulian para guru di Kecamatan Pengadegan untuk masyarakat. Di Kecamatan Pengadegan ada sekira 370 orang guru mulai dari TK, SD, SMP dan SMK YPLP 2.

“Sesuai rapat pengurus dan anggota. Kami memutuskan untuk membantu material. Semoga, nantinya bantuan ini akan berguna saat renovasi dan relokasi rumah masyarakat. Karena, kalau masalah logistik makanan sehari-hari sudah terpenuhi dari berbagai pihak. Kedepan, kami masih mengumpulkan dana untuk menambah jumlah bantuan. Kami targetkan membantu 500 sak semen,” ungkapnya

Selain itu, PGRI sebagai wadah para guru juga wajib memperhatikan para peserta didik yang terdampak bencana. Pihaknya melakukan monitoring kepada seluruh para peserta didik ditempat pengungsian.

“Kami melakukan monitoring pola belajar anak-anak. Saat ini anak-anak mengungsi di SD Negeri 2 Tumanggal. Kami perhatikan masalah belajarnya, pemulihan mentalnya, dan yang paling penting adalah penerapan protocol kesehatan covid-19 selama di tempat pengungsian,” ungkapnya.

Kepala Desa Tumanggal, Surati mengungkapkan, bantuan dari PGRI Cabang Pengadegan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat yang rumahnya rusak.

Baca Juga:  Elpiji 3 Kg Bakal Dijual Tanpa Subsidi

“Ini sangat bermanfaat sekali. Nantinya masyarakat terdampak akan dapat memanfaatkannya. Atas nama Pemdes Tumanggal, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas bantuan ini,” ungkapnya

Comment

Berita Lainnya