Penghargaan Lencana Pancawarsa Kwarda Jateng Diberikan Kepada 13 Tokoh Kwarcab Purbalingga

By: On: Dibaca: 64,370x
Penghargaan Lencana Pancawarsa Kwarda Jateng Diberikan Kepada 13 Tokoh Kwarcab Purbalingga
Penyematan Penghargaan Lencana Pancawarsa Kwarda Jateng 2019 kepada Bripka Widodo Apriyanto (Andalan Cabang Uruan Satuan Karya) oleh Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab), Dyah Hayuning Pratiwi, saat Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-58, Sabtu (7 September 2019) di Lapangan Purbalingga Lor.

Baca Juga : Kontingen Kwarcab Pramuka Purbalingga Tampil Gemilang Di Jamda XV Kwarda Jawa Tengah

Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Tengah memberikan penghargaan Lencana Pancawarsa Kwarda Jateng 2019 kepada 13 orang anggota Kwarcab Gerakan Pramuka Purbalingga.

Baca Juga : Kwarcab Purbalingga Gandeng Radio LPPL Gema Soedirman 96.3 FM Kelola Siaran Ruang Pramuka

Penghargaan ini diberikan kepada Majelis Pembimbing, Andalan dan Pembina Pramuka yang telah menunjukan kesetiaan kepada organisasi dan keaktifannya melakukan kegiatan orang Dewasa Gerakan Pramuka selama 5 tahun atau kelipatan 5 tahun.

‘Baca Juga : Mabiran dan Kwarran Bodeh Pemalang “Ngangsu Kawruh” di Kwarcab Purbalingga

Mereka yang mendapatkan penghargaan, Subeno (Wakil Ketua Bidang Keuangan Sarana dan Prasarana), Wahyu Ekonanto (Wakil Ketua Bidang Abdi Masyarakat dan Lingkungan Hidup), Kusno S (Sekretaris Andalan Cabang Urusan Bina Muda), Bripka Widodo Apriyanto (Andalan Cabang Uruan Satuan Karya ), Daniel Dwimawan (Andalan Cabang Urusan Penggalang Putra), Sumenti (Andalan Cabang Urusan Siaga Putri), Sugeng Triono (Ketua Kwarran Kaligondang), Triyo (Pembina Gudep), Yulius Sunarsanto (Pembina Gudep), Sri Yuliani (Pembina Gudep), Kristina (Pembina Gudep), Bijuri Has (Pelatih Kwarcab), Anto Kuswoyo (Pelatih Kwarcab).

Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab), Dyah Hayuning Pratiwi menyampaikan amanat Presiden RI. Dalam amanat tersebut ia menyampaikan Gerakan Pramuka menekankan pendidikan dan pembentukan karakter berperan sangat penting dalam menanggulangi masalah-masalah generasi muda.

“Mulai dari penyalahgunaan narkoba, masih adanya tawuran, masih banyaknya sikap intoleransi, hingga penggunaan media sosial yang dipenuhi ujaran kebencian, kabar bohong, dan pornografi yang harus kita tanggulangi bersama-sama,” katanya saat Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-58, Sabtu (7 September 2019) di Lapangan Purbalingga Lor.

Gerakan pramuka juga juga telah mencontohkan semangat cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Mencontohkan upaya memanfaatkan kekayaan alam dan tradisi indonesia yang dapat terus kita kembangkan. Misalnya, saat ini penggunaan bambu dan kayu serta tali temali untuk membuat berbagai peralatan.

“Sampai dengan memanfaatkan tumbuhan dan hasil alam indonesia sebagai bagian dari konsumsi para pramuka ketika berkemah dan lainnya. Juga selalu terpanggil untuk memberikan bantuan kepada saudara-saudara kita yang terkena musibah dan bencana alam,” imbuhnya.

Ia juga menjelaskan, sudah menjadi Kodrat menjadi bangsa yang beragam, majemuk punya 714 suku dan lebih dari 1.100 bahasa lokal, bahasa daerah, ini harus disyukuri. Gerakan Pramuka telah memberi contoh, khususnya bagaimana keberagaman yang ada justru memperindah dan menyatukan semua anggota Pramuka.

“Perbedaan agama, perbedaan ras, perbedaan suku, dan golongan dalam Gerakan Pramuka semuanya bisa menyatu, semuanya bisa bermusyawarah, semuanya merasa bersaudara dengan semangat persatuan dan perdamaian. Semua itu sesuai dengan slogan negara kita, Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tapi tetaplah satu jua,”tuturnya.

Ketua Kwarcab Purbalingga, Trisnanto Sri Hutomo, menyampaikan, Kwarcab Purbalingga telah melaksanakan rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Pramuka, diantaranya Renungan Ulang Janji, Zarah ke makam Tokoh Gerakan Pramuk Purbalingga, Bhakti Masyarakat  (Donor Darah 14 Kantong Darah, Lingkungan Bersih, Pengumpulan Sampah Plastik 300 Kg), Gebyar 17 Agustus 2019 (Perlombaan Antar Pengurus Andalan Cabang, Pelatih, Dewan Kerja, Unit-unit, Kontingen-kontingen

“Kegiatan upacara kali ini merupakan puncak dari rangkaian Peringatan Hari Pramuka Ke-58,” tuturnya

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!