Pengembangan Bendung Slinga Akan Membelah Kecamatan Purbalingga

By: On: Dibaca: dibaca 32.60Rbx
Pengembangan Bendung Slinga Akan Membelah Kecamatan Purbalingga

Pembebasan Lahan Selesai Juni 2018

Bendung Slinga Purbalingga akan dikembangkan untuk daerah irigasi (DI). Setidaknya ada lima wilayah di lima kecamatan yang lahannya perlu dibebaskan.

Masing-masing Kaligondang, Kejobong, Bojongsari, Purbalingga, Kalimanah. Terdiri dari 22 desa dan 166 bidang tanah. Selain itu juga ada bangunan pemerintah, pribadi dan tanah wakaf.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) PKDSA I BBWSSO, Tri Surya Irawan mengatakan, rencana pengembangan ini akan melebarkan sungai saluran irigasi Larangan hingga 30 meter. Pelebaran merupakan imbas adanya pengembangan (DI) Slinga, agar oncoran aliran air irigasi bisa lebih luas hingga ribuan hektare.

“Rencananya pembangunan jaringan irigasi DI Slinga dilakukan dalam kurun waktu tiga tahun yaitu tahun 2017 hingga tahun 2019,”ungkapnya dalam sosialisasi dan penjelasan dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak di Aula Kelurahan Bancar, Purbalingga yang ratusan warga dari beberapa kelurahan di wilayah Kecamatan Purbalingga, Selasa (14 November 2017).

Ia menambahkan, berdasarkan perhitungan studi tata ruang, peruntukkan luas irigasi membutuhkan tanah di lima kecamatan, dengan luas oncoran memiliki lebar 30 meter dengan kedalaman sekitar 1-10 meter. Pengembangan nantinya bisa mengoptimalkan irigasi nonteknis.

“Jika direalisasikan, ada beberapa bangunan akan terkena imbasnya,”ungkapnya.

Perwakilan dari Dinas Permukiman Provinsi, Hendro mengatakan, saat ini masih proses sosialisasi kepada berbagai pihak termasuk masyarakat. Namun belum membahas nominal ganti rugi lahan.Sesuai rencana target paling cepat, pengadaan tanah tuntas Juni 2018 bisa sampai pembayaran,” tegasnya.

“Rinciannya, di Wirasana butuh 2 hektare, Purbalingga Wetan 1 hektare, Bancar 1,5 hektare, Penambongan 1,5 hektare. Meski begitu, luas tanah yang dibutuhkan dari hasil studi masih bisa berubah,” ujarnya.(mahendra yudhi krisnha)

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!