Penemuan Gua Di Tlahab Lor, Dinporapar Kabupaten Purbalingga Minta Masyarakat Jangan Gegabah

By: On: Dibaca: 8,582x
Penemuan Gua Di Tlahab Lor, Dinporapar Kabupaten Purbalingga Minta Masyarakat Jangan Gegabah

Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga menyarankan agar masyarakat di Desa Tlahab Lor Kecamatan Karangreja untuk tidak gegabah dalam melakukan penelusuran gua yang baru ditemukan.

“Persiapan untuk penelusuran gua dibutuhkan perlengkapan yang lengkap. Karena pasti menghadapi medan yang sulit dan tentu berisiko tinggi. Untuk itu memerlukan keahlian khusus dalam melakukannya,”ungkap Kepala Bidang Pariwisata, Prayitno saat dihubungi cyber media lintas24.com, Senin malam (8 Juli 2019).

Ia menambahkan, penemuan gua tersebut harus melalui serangkaian proses sebelum dijadikan objek wisata. Peninjauan perlu dilakukan untuk mengumpulkan data secara topologi, geologi maupun kajian lingkungan.

“Kami secepatnya akan melakukan kajian data. Bila dinyatakan layak sebagai objek wisata, Pemkab Purbalingga akan mendukung penuh pengembangan destinasi wisata gua tersebut,”ungkap Prayitno.

Seperti diberitakan cyber media lintas24.com, 15 warga Tlahab Lor melakukan penelusuran goa perawan yang berada di tepi desa Desa Tlahab Lor, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah tanpa peralatan yang memadai, hanya berbekal tali rafia sebagai penanda jalan. Mereka masuk ke dalam goa yang pintu masuknya masih ditutupi dengan semak belukar.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!