by

Pendaftaran PPDB SMP Online 2020 di Purbalingga Untuk Siswa MI Lebih Lama

-Pendidikan, Update-dibaca 1.57Rb kali | Dibagikan 15 Kali

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat SMP di Kabupaten Purbalingga yang berakhir Sabtu (4 Juni 2020) diwarnai kendala, yakni untuk pendaftaran calon siswa dari Madrasah Ibtidaiyah (MI). Pasalnya, pendaftaran tak bisa langsung seperti pendaftaran calon siswa Sekolah Dasar (SD).

“Proses pendaftaran onlinenya tidak bisa masuk. Saya bingung saat mendaftarkan anak saya. Namun, setelah saya datang ke sekolah untuk dibantu sudah bisa. Prosesnya lebih lama daripada pendaftar dari SD,” tutur fajar Abdillah satu orang tua calon siswa MI yang mendaftarkan anaknya  melalui jalur prestasi di SMP Negeri 2 Purbalingga.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purbalingga Joko Sumarno mengakui adanya proses yang lebih panjang bagi pendaftar dari MI. Karena, basis pendaftaran SMP adalah dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Sedangkan calon siswa dari MI datanya dari  Education Management Information System Pendidikan Islam (EMIS PENDIS). Sehingga, harus diregistrasi dulu untuk masuk datanya ke Dapodik

“Karena hal itu maka proses pendaftaran calon siswa dari MI lebih lama dibandingkan calon siswa dari SD. Namun, jika calon siswa datang langsung ke sekolah, pasti teratasi. Karena sekolah akan membantu proses pendaftarannya, terutama menarik data dari EMIS ke Dapodik,” tutur Joko Sumarno.

Kepala SMPN 1 Purbalingga, Runtut Pramono mengatakan, kendala tersebut bisa teratasi.

“Karena petugas di sekolah sudah diberikan pemahaman terkait hal itu. Sehingga, pendaftar dari MI bisa terbantu,” tutur Runtut yang juga menjabat Plt Kepala Sekolah di SMPN 1 Kalimanah ini

 

 

Comment

Berita Lainnya