Pencari Kerja Diprediksi Naik

By: On: Dibaca: dibaca 42.05Rbx
Pencari Kerja Diprediksi Naik

20170208_102740
Dinas Tenaga Kerja (Dinaker) Purbalingga memprediksi, tahun ini pencari kerja naik dibanding tahun sebelumnya. Tahun lalu saja, pengurus kartu AK 1 alias kuning melebihi 14 ribu orang, meningkat dibanding 2015 yang mencapai 13 ribu orang.

Kepala Dinaker Purbalingga, Gunarto, Rabu (8/2) mengemukakan, para pemburu kartu kuning akan meningkat usai lulusan sekolah. Sebagian besar menggunakan kartu kuning untuk bekerja di perusahaan di Purbalingga, sisanya di luar kota. Tingginya pencari kerja itu menjadi tantangan bagi Dinaker untuk menyalurkan mereka ke dunia kerja.

“Apa lagi sekarang gedungnya baru, Dinaker bukan hanya sekadar kantor, tapi harus menjadi garda terdepan mendukung misi bupati terutama poin ke lima dalam segi pemerataan ekonomi rakyat,” katanya.

Sejumlah program telah disiapkan untuk membantu menjadikan para pengangguran memiliki jiwa wirausaha dan mandiri. Dalam waktu dekat, pihaknya akan menggelar pelatihan bagi masyarakat di bidang las, otomotif, tata boga, menjahit dan tik. Pelatihan dilakukan sesuai dengan tren pasar, artinya tidak itu-itu saja.

“Hari ini (kemarin), di sini (aula Dinaker) juga dilaksanakan tes penerimaan karyawan dua ritel yang jumlah pendaftarnya sampai dua ratus lebih. Nah, ke depan, kami juga akan keluar mencari jejaring menggandeng pihak ketiga untuk sering mengadakan pelatihan di sini sekaligus penempatannya. Jadi masyarakat direkrut, dilatih dan ditempatkan,” katanya.

Untuk mewujudkan itu, sejumlah kendala memang harus dihadapi. Antara lain kurangnya sumber daya manusia (SDM), prasana yang masih kurang seperti meja dan kursi kantor. Dari pantauan Lintas24.com,saat tes karyawan ritel kemarin saja puluhan peserta harus duduk di lantai karena keterbatasan kursi.

“Tapi kekurangan itu bukan jadi kendala bagi kami. Malah ini menjadi tantangan dan peluang bagaimana kami bisa mengatasinya. Para staf di sini juga sudah memiliki kinerja yang bagus,” imbuh Sekretaris Dinaker Purbalingga, Gatot Budirahardjo

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!