Pemungutan Suara Ulang di Purbalingga Berjalan Lancar dan Aman

By: On: Dibaca: 75,857x
Pemungutan Suara Ulang di Purbalingga Berjalan Lancar dan Aman

 

Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 05, Desa Tangkisan, Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga berjalan lancar.  Satu-satunya PSU di Purbalingga ini, merupakan langkah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga melaksanakan rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Purbalingga.

Pasalnya, saat proses rekapitulasi di tingkat kecamatan, Panitia Pengawas (Panwas) menemukan ketidaksesuaian antara data pemilih dengan jumlah suara dalam Pilpres dan DPD. Ternyata ketidaksesuaian disebabkan ada dua orang pemilih luar daerah yang menggunakan hak pilihnya di TPS 05 Desa Tangkisan. Satu pemilih di antaranya, terdaftar dalam DPT Blora dan pada saat memilih di TPS 05 Desa Tangkisan tanpa menggunakan form A5.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Andri Supriyanto mengatakan, pelaksanaan PSU berjalan lancar. Meskipun tetap ada penurunan jumlah, namun tingkat partisipasi dinilai tinggi. Karena, dari 150 formulir C6 yang dibagi, hanya 4 orang yang tidak datang.

” Sabtu 27 April 2019, kita menggelar PSU. Saat pencoblosan 17 April 2019 lalu, dari 294 DPT pemilu yang menggunakan hak suara adalah 163 pemilih. Pada PSU ini hanya 150 C6 yang dibagikan, dan hanya 4 yang tidak datang,” kata Andri, ditemui di lokasi TPS, Sabtu (27 April 2019).

Dijelaskan, pada PSU ini hanya ada 150 formulir C6 karena, warga yang merantau sudah kembali ke tempat perantauan. Sebab, warga Tangkisan memang banyak merantau di kota-kota besar seperti Jakarta, Bogor, dan bahkan di Sumatra. Saat pemilu 17 April lalu, warga rantau mudik ke kampung halaman untuk mencoblos.

“Banyak yang sudah kembali ke perantauan, dan yang empat mungkin aktifitas kerja, ada satu warga yang sakit juga kami datangi ke rumah. Tetapi secara keseluruhan, partisipasi masih tinggi,” katanya.

Hasil penghitungan suara pemungutan suara ulang, Paslon 01 Jokowi-Ma’ruf menang atas Paslon 02 Prabowo-Sandi, dengan perolehan 126 suara berbanding 17 suara. Tiga suara tisak sah.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!