Pemohon SIM di Satlantas Purbalingga Tak Boleh Diantar

By: On: Dibaca: 174,137x
Pemohon SIM di Satlantas Purbalingga Tak Boleh Diantar

DSC_3252

 

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Purbalingga terus meningkatkan kinerja pelayanan permohonan Surat Ijin Mengemudi (SIM). Pemohon SIM harus mengikuti prosedur yang telah ditetapkan baik dalam pembuatan SIM baru maupun perpanjangan SIM.

Kepala Satlantas Polres Purbalingga, Ajun Komisaris Polisi Ryatnadi mengungkapkan, sekarang telah dibuat prosedur yang mengatur zona wilayah pemohon dan pengantar. Hanya pemohon yang diperkenankan masuk ke zona dalam yang dibatasi dengan pintu pagar besi untuk mengikuti tahapan-tahapan permohonan SIM, sedang untuk para pengantar telah disiapkan ruang tunggu yang nyaman.

“Pemohon SIM silahkan sesuai prosedur dan Kami akan memberikan pelayanan yang baik, sudah kami benahi dari ruang tunggu dan tempat praktek lapangan serta ruang teori supaya pemohon SIM merasa nyaman dalam menunggu antrian praktek lapangan maupun teori,” ungkapnya kepada elemen Rabu (27 Juli 2016).

AKP Ryatnadi berharap agar pemohon SIM dapat mengurus sendiri dan jangan melalui perantara (calo). “Kita layani dengan sebaik mungkin, supaya pemohon SIM tahu prosedurnya dan biayanya pun sesuai dengan yang berlaku,” katanya.

Baur SIM, Aiptu Nyamiran menjelaskan, para pemohon SIM harus menukarkan KTP Asli dengan kartu identitas pemohon SIM. Sebelum memasuki zona permohonan SIM, pemohon wajib mengalungkan kartu identitas di leher agar terlihat oleh petugas. Selanjutnya pemohon dapat mengisi formulir dan mengikuti tahapan-tahapan sesuai prosedur. Setelah selasai mengikuti  tahapan itu, pemohon dapat mengambil KTP dengan mengembalikan kartu identintas.

“Hanya pemohon yang diperkenankan masuk zona permohonan SIM, bagi para pengantar silahkan menunggu di tempat yang telah disediakan,”ungkapnya Aiptu Nyamiran

Atika Kusuma Deswita, warga Desa Tlahab Lor mengatakan, pembuatan SIM di Satlantas Polres Purbalingga sangat nyaman. “Selain disediakan ruang tunggu yang nyaman, tempatnya pun tertata rapi dan bersih serta petugasnya pun ramah dalam memberikan penjelasan. Semoga pelayanan SIM di Satlantas Polres Purbalingga kedepannya mempertahankan pelayanannya,” ungkap Deswita. (mahendra yudhi krisnha)

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!